Penjual Toko Kelontong di Bandung Bertahan dari ‘Cekikan’ Covid dengan Menjadi Agen Brilink

- 18 Maret 2024, 16:12 WIB
Ilustrasi Brilink. Agen Brilink Astika Store bersyukur kehadiran BRI membantu menambah penghasilan baginya. Cekikan covid tidak menyurutkan usaha toko kelontong miliknya.
Ilustrasi Brilink. Agen Brilink Astika Store bersyukur kehadiran BRI membantu menambah penghasilan baginya. Cekikan covid tidak menyurutkan usaha toko kelontong miliknya. /M. Bayu Pratama/PRMN/

GALAMEDIA – Suasana mendung menggelayuti Desa Sukapura, Kota Bandung. Nampak sebuah toko kelontong bertembok biru di pertigaan jalan Mengger Hilir ramai dengan pembeli. Cuaca Bandung yang sedang ekstrem tidak menyurutkan langkah warga untuk datang melakukan transaksi perbankan di toko kelontong yang ternyata adalah Agen Brilink di kawasan tersebut. Tim Galamedia pun berkesempatan mewawancarai pemilik Toko Astika, nama yang tercantum dalam papan neon box Brilink di tepi jalan yang berjarak sekitar 1 Km dari Panghegar Waterboom.

Ternyata bukan hanya pemilik Toko Astika saja di Bandung Raya. Ada juga Warung Sakura di Jalan Karasak yang turut melayani transaksi perbankan sembari menjajakan barang dagangannya. Toko Astika dan Warung Sakura adalah dua contoh toko kelontong yang terus menyalakan asa di tengah cekikan Covid yang membuat lesu perekonomian masyarakat. Kondisi perekonomian yang lesu saat masa Covid membuat banyak masyarakat mencoba peruntungan baru dengan mencari penghasilan tambahan di luar penghasilan utama mereka. Salah satunya adalah dengan menjadi agen Brilink. Hal inilah yang dilakukan oleh dua penjual toko kelontong di Bandung saat ditemui terpisah oleh tim Galamedia pada Sabtu, 16 Maret 2024.

Tidak hanya sekadar sebagai penghasilan tambahan, keduanya bercerita banyak masyarakat sekitar yang terbantu dengan kehadiran mereka sebagai agen Brilink. Masyarakat tidak perlu lagi repot mencari ATM saat hendak melakukan transaksi perbankan karena kini di dekat rumahnya sudah ada agen Brilink yang siap membantu dalam melayani proses transaksi perbankan.

Stigma toko kelontong tidak lagi hanya sekadar menjual sembako maupun kebutuhan sehari-hari namun juga mampu melayani transaksi perbankan yang akan menggerakkan roda perekonomian bagi warga sekitarnya. Transfer antarbank, top-up voucher game hingga membayar listrik menjadi lebih mudah dengan kehadiran Agen Brilink bagi warga sekitar.

Jadi Agen Brilink, Berawal dari 'Cekikan' Covid

Tukirman saat melayani warga Mengger Hilir untuk proses transfer antarbank melalui BRI.
Tukirman saat melayani warga Mengger Hilir untuk proses transfer antarbank melalui BRI.

Tukirman menceritakan kisahnya sebagai agen Brilink kepada tim Pikiran Rakyat Galamedia. Pemilik toko kelontong yang berlokasi di Jalan Mengger Hilir, Sukapura, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung ini bersyukur bisa menjadi agen Brilink sehingga mendorong perputaran uang di toko kelontongnya.

Warga Mengger Hilir tidak lagi hanya sekadar berbelanja kebutuhan sehari-hari ke toko milik Tukirman namun juga melakukan transaksi perbankan di warung miliknya.

"Pada masa covid, kondisi ekonomi sedang menurun. Saat itu saya secara inisiatif mendaftarkan diri ke BRI (Asia Afrika) untuk menjadi agen Brilink. Alhamdulillah, empat tahun berjalan bisa menambah penghasilan toko saya," cerita Tukirman di sela-sela melayani pelanggan yang datang ke toko miliknya.

Secara otodidak, Tukirman mempelajari mekanisme transaksi perbankan hingga kini dipercaya oleh masyarakat. Dengan pendampingan dari grup agen Brilink Majalaya, berbagai transaksi perbankan kini telah ia kuasai sehingga masyarakat sekitar sangat terbantu dengan kehadiran Toko Astika milik Tukirman.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah