Rizki Anggita Dewi Dinobatkan Sebagai Juara 1 Duta Baca Tingkat Kota Bandung Tahun 2024

- 20 Maret 2024, 07:15 WIB
Rizki Anggita Dewi Dinobatkan Sebagai Duta Baca
Rizki Anggita Dewi Dinobatkan Sebagai Duta Baca /media.unisba.ac.id//

GALAMEDIANEWS – Universitas Islam Bandung (Unisba) kembali menorehkan prestasinya melalui mahasiswinya atas nama Rizki Anggita Dewi yang dinobatkan sebagai Juara 1 Duta Baca Tingkat Kota Bandung tahun 2024. Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (Fikom Unisba) Angkatan 2021 memberikan hasil terbaiknya setelah menyisihkan peserta lainnya.

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kota Bandung. Pada saat acara Grand Final, kegiatannya mengusung tema ‘Digitalization of Society 5.0’ ini dilaksanakan di Aula Lantai-3 Disarpus Kota Bandung, pada Rabu (21/2/2024). Pelaksanaan acara diadakan di Jl. Seram No.2, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

“Rangkaian penyelenggaraan Pemilihan Duta Baca ini telah dilaksanakan mulai pendaftaran peserta pada 3-27 Januari 2024, terseleksi sebanyak 22 orang, kemudian terpilih 12 finalis yang menjalani serangkaian tahapan dan tes, yang selanjutnya pada acara grand final dilaksanakan wawancara terbuka dua tahap untuk mendapatkan juara terpilih,“ Ujar Fajar Kurnia selaku Kepala Disarpus Kota Bandung, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga: KORMI Kabupaten Bandung Lantik Duta Olahraga Masyarakat Desa: Mereka Berpartisipasi Membudayakan Olahraga

Gita adalah panggilan akrabnya dan dirinya mengaku sangat senang dan tidak menyangka atas tercapainya prestasi ini. “Alhamdulillah ternyata tidak sia-sia yang sudah dilakukan selama ini dengan membagi waktu untuk ini itu, dan bisa memperoleh hasil yang maksimal. Meski awalnya sempat berekspektasi hanya dapat juara harapan 1 atau 3 saja,” ujarnya menambahkan.

Tantangan utama selama mengikuti ajang ini menurut Gita adalah pengaturan waktu yang baik. “Selama seleksi berbarengan dengan UAS sehingga tahap administrasinya saya bagi-bagi waktu antara fokus UAS dan fokus untuk melengkapi syarat-syarat administrasi.Ditambah sebelum grand final juga sempat mengurus paspor ke Cirebon. Pergi jam 5:30, nyampe Bandung lagi sekitar jam 13:00, dan lanjut gladi resik di Disarpus sampai sekitar jam 21:30. Jadi manajemen waktunya sangat dibutuhkan dengan memaksimalkan kegiatan yang sedang dihadapi,” ujarnya dengan antusias.

Pemilihan Juara Duta Baca Kota Bandung tahun 2024 kali ini berdasarkan penilaian oleh dewan juri yang terdiri atas: Medi Mahendra, A.P., Rianto Muradi, dan Anita Khairunnisa. Adapun para juaranya adalah sebagai berikut: Juara 1, Rizki Anggita Dewi dari Universitas Islam Bandung, utusan Kecamatan Arcamanik, Juara 2 Revia Amanda, Universitas Pendidikan Indonesia utusan Kecamatan Coblong, Juara 3 Alfath Fadillah R., UIN Sunan Gunung Djati, utusan Kecamatan Rancasari.

Baca Juga: Bey Machmudin Kukuhkan Seratus Duta Integritas di Ajang West Java Youth Camp

Selanjutnya, untuk Juara Harapan 1 Duba 2024 Disarpus diraih oleh Intan Sahrani S., Universitas Widyatama, utusan Kecamatan Cibiru, Juara Harapan 2, Gita Auliya, Universitas Pasundan utusan Kecamatan Kiaracondong, dan Juara Harapan 3, M. Rama Nur A.M., Universitas Widyatama, Kecamatan Sukajadi.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: media.unisba.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x