Peringatan Bandung Lautan Api 2024, Tunjukan Empati dan Solidaritas Kepada Palestina

- 26 Maret 2024, 17:40 WIB
Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono saat menjadi inspektur upacara Peringatan  Bandung Lautan Api di Plaza Balai Kota Bandung.
Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono saat menjadi inspektur upacara Peringatan Bandung Lautan Api di Plaza Balai Kota Bandung. /Humas Kota Bandung/

GALAMEDIANEWS – Peristiwa Bandung Lautan Api merupakan upaya untuk menegakkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang telah ada. Tujuannya agar Sekutu tidak dapat menggunakan Bandung sebagai markas strategis militer.

Peristiwa bersejarah Bandung Lautan Api ini terjadi setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Tepatnya pada tanggal 24 Maret 1946. Untuk menghormati dan mengenang peristiwa ini, telah diabadikan dalam bentuk Monumen Bandung Lautan Api.

Bambang Tirtoyuliono selaku Penjabat Wali Kota Bandung mengajak kepada seluruh masyarakat dan pemuda untuk lebih meningkatkan empati dan solidaritas kepada saudara di Palestina yang masih dalam kondisi penjajahan.

Bandung Lautan Api merupakan peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Peristiwa ini menjadi simbol perjuangan dan pengorbanan para pejuang dalam mencapai dan mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

Tema yang diangkat dalam Peringatan Bandung Lautan Api Ke-78 ini adalah "Dengan Spirit Bandung Lautan Api Satukan Langkah Kolaborasi untuk Bandung Unggul".

“Dengan semangat Bandung Lautan Api sudah sepantasnya berempati dan menunjukan solidaritas kepada saudara kita di Palestina dengan berbagai aksi, donasi dan doa terbaik,” ujar Bambang pada Upacara Peringatan Bandung Lautan Api di Balai Kota Bandung, Minggu, 24 Maret 2024.

Bambang lebih lanjut menghimbau dan mengajak kepada generasi penerus terutama pemuda untuk meneladani perjuangan para pahlawan terdahulu. “Mari teladani pengorbanan pahlawan kita semua, baik dari keberanian maupun aksi heroismenya,” ujar Bambang dengan penuh semangat.

Pj. Wali Kota beserta seluruh jajaran dan berbagai unsur Kota Bandung selesai melakukan upacara peringatan Bandung Lautan Api melanjutkan kegiatannya dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Cikutra, Bandung.

Ziarah ini merupakan acara yang diselenggarakan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Bandung.  Acara yang dimulai pukul 09.05 tersebut dihadiri oleh Pj. Wali Kota Bandung beserta jajaran pemkot Bandung, dihadiri juga oleh Kapolrestabes Bandung Budi Sartono.

Bertindak selaku pimpinan ziarah dan tabur bunga dipimpin langsung oleh Pj. Walikota Bandung  diikuti  DAN/KA/Pimp. Satuan TNI-POLRI dan Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemkot Bandung. ***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x