Perhimpunan Amatir Foto, Komunitas Fotografer Pertama dan Tertua di Indonesia

- 27 Maret 2024, 12:57 WIB
Suasana kumpul bersama fotografer/jabarprov.go.id/
Suasana kumpul bersama fotografer/jabarprov.go.id/ /

 

GALAMEDIANEWS – Komunitas adalah sekumpulan individual atau orang-orang yang mempunyai kesamaan karakteristik seperti kesamaan geografi, kultur, ras, agama, atau keadaan sosial yang setara.

Terdapat banyak komunitas di Indonesia. Dari mulai alumni sekolah tertentu, hobi, olahraga, ilmuwan, ataupun lainnya. Bahkan dari komunitas ini terbentuklah perhimpunan, artinya sudah berbadan hukum.

Perhimpunan yang terbentuk kebanyakan tidak berumur panjang apalagi sampai berusia satu abad bisa dihitung dengan jari. Salah satu komunitas yang sudah berbentuk perhimpunan dan usianya mencapai satu abad adalah Perhimpunan Amatir Foto atau biasa disingkat dengan PAF.

Baca Juga: Potensi Pergerakan Masyarakat Selama Lebaran 2024 Mencapai 193,6 juta Orang!

PAF didirikan di Kota Bandung pada tanggal 15 Februari 1924 oleh arsitek Belanda bernama Charles Prosper Wolff Schoemaker bersama saudaranya Schermerhorn.

Komunitas PAF ini diketuai oleh Soewignyo Koesnadi yang dikenal sebagai Kevin Yung. Kevin Yung telah menjabat sebagai ketua selama dua periode, yaitu tahun 2022-2023 dan 2024-2025.

Kevin Yung berpendapat, komunitas ini memiliki perbedaan antara masa lalu dan masa kini. "Kalau dulu masih belum ada untuk hunting bareng-bareng, sekarang udah mulai hunting bareng bersama PAF keluar kota dengan komunitas lain agar kita sesama komunitas bisa bareng bersatu tidak ada yang merasa terpisah,” ungkapnya.

Baca Juga: Tembus Peringkat Nasional, 4 SMA terbaik di Kabupaten Tulungagung Menjadi Sekolah Referensi PPDB 2024

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x