Adopsi Jurus Sehat dari dr. Zaidul Akbar, UMKM asal Bandung Tembus Pasar Herbal Negeri Jiran

- 19 April 2024, 14:24 WIB
Produk ultimate drink, UMKM asal Bandung Barat yang terinspirasi dari resep jurus sehat ala Rasulullah dari dr. Zaidul Akbar.
Produk ultimate drink, UMKM asal Bandung Barat yang terinspirasi dari resep jurus sehat ala Rasulullah dari dr. Zaidul Akbar. /Dok. Ultimate Drink/

GALAMEDIA – Inspirasi untuk memulai bisnis bisa datang darimana saja. Bisa dari hobi yang kita suka sampai sosok yang kita jadikan panutan. Seperti kisah Pretty Apriyani Sari Dewi (45), ibu rumah tangga asal Bandung Barat yang memulai bisnis karena rutin mengikuti ceramah Ustadz dr. Zaidul Akbar. Sosok dr. Zaidul Akbar belakangan memang tengah viral karena konten ceramahnya yang berbeda dengan ustadz lain dengan memperkenalkan ramuan tradisional JSR (jurus sehat ala Rasulullah). Tak sedikit yang mencoba membuat ramuan herbal berdasarkan penjelasan dr. Zaidul Akbar, termasuk Pretty.

“Berkat ceramah dr. Zaidul Akbar, saya terinspirasi untuk membangun produk Ultimate Drink yang merupakan (produk herbal) jurus sehat ala Rasulullah. Awalnya saya buat untuk mamah (orang tua dari Pretty) dan ternyata suka. Karena mamah suka, saya akhirnya memberanikan diri untuk mengembangkan produk-produk Ultimate Drink berdasarkan apa yang dr. Zaidul Akbar sampaikan,” cerita Pretty saat mengawali percakapan dengan tim Galamedia pada 8 April 2024.

Pretty pun juga sudah memiliki toko herbalnya sendiri yang terletak di Desa Jayagiri yang terletak dekat dengan Lembang, Bandung Barat. Di lokasi toko ini, nampak karyawan yang tengah memproduksi dan mengemas produk-produk ultimate drink yang akan dijual kembali ke toko-toko herbal yang lain yang ada di luar Bandung. Bahkan produk yang awalnya hanya untuk sang ibu ini sudah bisa menembus pasar herbal negeri jiran, Malaysia.

Lika-Liku Bisnis Minuman Herbal JSR

Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan promosi Ultimate Drink. Dari modal bisnis Rp350.000, kini CV Salma Production milik Pretty bisa meraup omzet ratusan juta rupiah.
Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan promosi Ultimate Drink. Dari modal bisnis Rp350.000, kini CV Salma Production milik Pretty bisa meraup omzet ratusan juta rupiah.

Tidak banyak pelaku usaha minuman herbal di Indonesia yang bisa menembus pasar luar negeri. Salah satu yang sukses menembus pasar herbal luar negeri tersebut adalah CV Salma Production milik Pretty. “Dari modal awal hanya Rp350.000 di tahun 2019, Alhamdulillah omzer per bulan tahun ini sudah ratusan juta,” tutur Pretty. Namun Pretty tidak memperinci detail nominal omzet yang didapatkannya sekarang.

“Bencana covid-19 membantu produk kami berkembang pesat di awal-awal kami berdiri pada Juni 2020. Akhirnya kami memasarkan produk Ultimate Drink secara online dan Alhamdulillah respons pasar pada saat itu membuat kami tidak menyangka. Sampai akhirnya saya mengurus ijin edar produk agar dapat dipasarkan secara legal,” sambung pengusaha herbal asal Bandung Barat itu.

Kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk herbal pada masa covid-19 cukup tinggi. Peluang itulah yang ditangkap oleh Pretty dengan mengembangkan produk-produk yang memiliki khasiat untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Dengan harga yang berkisar Rp5.000-260.000, banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli minuman herbal Ultimate Drink.

“Awalnya produk kami dijual di tempat-tempat terapi saja seperti bekam, klinik bersalin atau toko-toko herbal. Namun setelah bergabung dengan Rumah BUMN Bandung yang dikelola BRI pada tahun 2020, pemasaran kami mulai masuk ke segmentasi marketplace,” ucap Pretty.

“Bantuan BRI membantu akselerasi omzet kami naik 100% lebih karena seringkali dilibatkan dalam pameran-pameran dan pelatihan pengembangan bisnis,” sambungnya.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x