Dari Lumbung Pangan hingga Wisata Sawah, Ini Dia Keindahan Desa Cikaso Kuningan yang Ada di Kaki Ciremai

- 22 April 2024, 01:44 WIB
Warga Desa Cisoka, Kuningan, Jawa Barat mengembangkan lumbung pangan mandiri dan menjadi pemenang dalam anugerah Desa BRIlian 2023.
Warga Desa Cisoka, Kuningan, Jawa Barat mengembangkan lumbung pangan mandiri dan menjadi pemenang dalam anugerah Desa BRIlian 2023. /Dok. Pemerintah Desa Cikaso/

GALAMEDIA – Sejumlah warga terlihat tengah sibuk di dalam sebuah gudang besar di dekat kantor desa. Mereka sedang mengemas beras ke dalam kemasan bercorak hijau bertuliskan “Beras Pilihan Khas Cikaso Karya Mulya” di sebuah pabrik gabah. Ini adalah beras organik yang diproduksi mandiri oleh warga Desa Cikaso dan sudah dijual secara terbatas di sekitar wilayah Cirebon serta Kuningan.

Desa Cikaso merupakan salah satu desa di Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang memiliki potensi besar di sektor pertanian. Nama Desa Cikaso memiliki arti yang berasal dari kosakata Bahasa Sunda yakni “ci” atau “cai” yang artinya air dan “kaso” yang artinya adalah kayu pohon kaso atau jika dirangkaikan memiliki makna air yang berasal dari pohon kaso. Benar saja, desa ini tidak hanya memiliki tanah yang subuh namun juga air yang melimpah.

Banyak warga yang memiliki kolam ikan atau jika di tataran masyarakat Sunda disebut dengan balong. Selain itu, desa yang sebagian besar wilayahnya masih berbentuk area persawahan ini juga memiliki tujuh sumber mata air yang menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat di Cikaso. Sumber mata air tersebut yakni mata air Cilangga, Cinangsi, Cibango, Cimalayan, Cipasantren, Cihanyir, dan Cikabulakan.

Tidak hanya kekayaan alam melimpah yang dimanfaatkan sebagai lumbung pangan warganya, area pertanian yang luas dan indah juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan luar Kuningan. Sebagian lokasi persawahan tersebut disulap menjadi tempat wisata dan camping ground di kaki Gunung Ceremai yang dikenal dengan wisata Sawah Lope. Tarif masuk yang murah Rp5.000 membuat banyak masyarakat luar Kuningan yang berbondong-bondong datang ke tempat wisata ini hingga menjadi viral di media sosial.

Maraknya objek wisata foto instagrammable, membuat objek wisata Lope dengan cepat viral dan didatangi oleh wisatawan. Terlebih pemandangan di objek wisata sawah Lope menyajikan background Gunung Ceremai yang menjadi salah satu destinasi favorit pendakian di Jawa Barat.

Tidak hanya menawarkan pemandangan alami yang mengagumkan, pelaku usaha di objek wisata juga menyajikan makanan khas Sunda ‘liwet’ bagi pengunjung dengan sensasi makan di tepi sawah. Pelaku usaha setempat pun ikut diberdayakan untuk mengelola kekayaan alam yang ada di Desa Cikaso bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kolaborasi antara masyarakat dan unsur pemerintah desa seperti yang dilakukan di Desa Cikaso disebut mampu meningkatkan pendapatan bagi masyarakat setempat. Menurut Kepala Desa Cikaso, Hidayat Noor (54), total ada sekitar 120 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di desa yang dihuni 2.854 jiwa, 40 di antaranya aktif berdagang di lokasi wisata.

“Pertumbuhan ekonomi di desa kami tumbuh 4,7% berkat adanya peningkatan produksi di sektor pertanian, pariwisata, dan keterlibatan UMKM setempat,” ucap Hidayat.

Kolaborasi Kunci Desa Kecil di Kuningan Menangi Desa BRILiaN

Inovasi dan kolaborasi kunci Desa Cikaso raih juara 2 Anugerah Karya Desa BRILiaN 2023.
Inovasi dan kolaborasi kunci Desa Cikaso raih juara 2 Anugerah Karya Desa BRILiaN 2023.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x