Sentuhan Tangan Ibu Jadi Inspirasi Pemuda Bandung untuk Ciptakan Sarapan Sehat dengan Cita Rasa Nusantara

- 29 April 2024, 15:19 WIB
Produk sereal Granoku menghadirkan kreasi baru sebagai sarapan sehat untuk masyarakat. Ide ini didapat saat Fandy berkeliling Indonesia yang tersentuh dengan kepedulian sang ibu.
Produk sereal Granoku menghadirkan kreasi baru sebagai sarapan sehat untuk masyarakat. Ide ini didapat saat Fandy berkeliling Indonesia yang tersentuh dengan kepedulian sang ibu. /Dok. Granoku/

GALAMEDIA – Denting jam telah berbunyi menandakan akhir percakapan kami dengan Fandy (33), pemuda asal Bandung yang menceritakan perjalanan bisnisnya dalam melahirkan kreasi baru pada sarapan sehat untuk anak-anak Indonesia. 10 tahun berkelana mengelilingi Indonesia ternyata tidak cukup bagi Fandy menemukan ide bisnis yang bisa ia seriusi. Beberapa kali gagal dalam membangun bisnis, pemuda asal Bandung ini justru selalu teringat dengan pesan sang ibu setiap ia berkelana, “sudah sarapan belum nak?”. Sang ibu tidak pernah bosan untuk mengingatkan Fandy untuk mengisi perutnya di pagi hari sebelum menjalani hari yang padat.

Kepedulian sang ibu membuat Fandy sadar bahwa betapa pentingnya peran ibu dalam menghadirkan sarapan khususnya untuk anak-anak Indonesia. Namun sayangnya, tak banyak pilihan sarapan sehat yang bisa dinikmati. Kemudian ia meneguhkan hatinya untuk berkelana mengelilingi Indonesia menemukan bahan baku pilihan dari setiap daerah. Hingga lahirlah Uwelly Granoku, sereal dari bahan granola yang dicampur dengan bahan baku dari beberapa daerah.

Granola sendiri adalah sereal yang berisi campuran dari oats, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dan buah-buahan kering. Sarapan dengan sereal granola saat ini tengah naik daun di masyarakat perkotaan karena kandungan gizinya yang dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Salah satu pembeli Granoku yang berhasil ditemui oleh tim Galamedia beberapa waktu lalu, Santi (38) mengaku menyukai olahan granola sebagai alternatif sarapan pagi untuk anak-anaknya.

“Kandungan gizinya yang tinggi, cocok untuk anak-anak saya. Kebetulan pas ke supermarket di Tasik, saya nemu Granoku. Anak-anak langsung approved padahal biasanya sulit makan makanan baru. Kandungan seratnya tinggi dan rasanya juga bervariasi, cocok untuk anak-anak,” ucap Santi.

Testimoni positif sudah disampaikan banyak pihak. Fandy pun berupaya untuk lebih mengenalkan produk Granoku ini ke banyak orang tua di rentang 24-48 tahun seperti Santi karena peran ibu sangat penting untuk kesehatan gizi anak-anaknya, yang semua itu dimulai dari sarapan yang sehat.

“Meski sarapan dengan sereal ini masih kalah pamor dengan nasi, tapi saya berkomitmen untuk mengenalkan Granoku sebagai pilihan sarapan pagi sehat untuk anak-anak Indonesia. Dari perjalanan kuliner yang saya lakukan 10 tahun belakangan, Granoku akan mengangkat tagline ‘Granola Rasa Premium Indonesia’ untuk juga memperkenalkan cita rasa khas Indonesia,” ucap Fandy.

Selain karena kandungan gizi yang tinggi dan rasanya yang enak, produk Granoku juga memiliki rentang harga yang dapat diterima oleh pasar. “Di pasaran, harganya berkisar dari Rp24.000-110.000. Granola with West Java Chocolate dan Sukabumi Sorghum jadi produk yang paling banyak diminati pasar. Selain di supermarket, Granoku juga bisa dipesan secara online melalui web maupun marketplace seperti Tokopedia dan Shopee,” ucap Fandy.

Bangun Bisnis Tidak Selalu Bermodal Besar

Lika-liku bisnis Granoku, memulai bisnis dari nol dengan modal terbatas hingga kini jadi pilihan sarapan pagi ibu-ibu di perkotaan.
Lika-liku bisnis Granoku, memulai bisnis dari nol dengan modal terbatas hingga kini jadi pilihan sarapan pagi ibu-ibu di perkotaan.

Kisah Fandy bisa menjadi inspirasi bagi anak muda untuk tidak takut dalam memulai bisnis meski modalnya kecil. “Saya sendiri berasal dari keluarga yang orang tuanya bekerja sebagai petani sehingga tidak mudah untuk membangun bisnis apalagi modalnya yang kecil. Beberapa kali gagal dalam membangun bisnis, kini Granoku bisa sustain dan menemukan pasarnya sendiri, tentunya tidak terlepas dari bantuan banyak pihak,” ucap Fandy.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah