Ndaru Farm, Teknik Beternak Ikan dan Berkebun Dengan Aquaponik yang Banyak Diburu

- 8 Oktober 2020, 14:33 WIB
Ndaru Farm
Ndaru Farm /Retno/job/

BATUJAJAR- Teknologi akuaponik merupakan gabungan antara akuakultur dengan teknologi hidroponik dalam satu sistem untuk mengoptimalkan fungsi air dan ruang sebagai media pemeliharaan. Salah satu yang menggunakan teknik penanaman tersebut yaitu ndaru farm yang terletak di Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Nano salah satu pengelola teknik pertanian modern tersebut, mengatakan untuk proses perawatan dan pembuatannya memiliki perlakuan yang berbeda. Ruang untuk penanaman hidroponik perlu penyesuaian suhu dan intensitas cahaya yang tepat.

"Saya disini cuma mengelola, ini yang punya kakak saya. Jadi dulu itu, ini sawah, terus dialih fungsikan menjadi tempat aquaponik, kita tuh sebenernya ambil konsep integrated. Jadi nanti limbah kotoran ikannya bisa dijadiin pupuk buat tanaman hidroponik," katanya saat ditemui di Ndaru Farm Jalan Terusan SMP Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 8 oktober 2020.

Baca Juga: Buruh Kota Cimahi Mulai Bergerak ke Gedung Sate Suarakan Tolak UU Cipta Kerja

Lebih lanjut Nano menjelaskan jika pertanian integrated yang dikelolanya ini baru berjalan sekitar 6 bulan dan sudah berhasil panen. Yang diutamakan dalam kegiatan tersebut yaitu budidaya ikan dan tanaman hidroponik. Untuk selebihnya ditempatnya tersebut juga membudidayakan udang, namun bukan fokus utamanya.

Hasil dari peternakan ikan tersebut sudah dipesan oleh beberapa tengkulak, sehingga proses pemasaran bukan sebuah kendala. Kemudian untuk perawatan tanaman hidroponik juga mudah tidak memerlukan banyak hal, karena semua sudah diprogram untuk dipermudah dalam proses integratednya.

"Sudah ada prosesnya nanti dari kotoran ikan ini diolah jadi pupuk untuk sayuran, disini ada ikan nila merah dan hitam. Perawatannya juga cuma nanti kalau airnya udah kotor dikuras setengahnya, terus airnya masuk proses filter untuk pupuk tanaman. Sepuluh hari sekali kita ganti airnya," katanya.

Baca Juga: Pemerintah Kembali Cairkan Banpres Untuk 3 Juta Penerima Pekan Ini, Belum Terdaftar? Begini Caranya

Di Ndaru farm tersebut tersedia banyak ikan nila, satu tanki terisi 1000 ekor untuk ukuran siap panen. Untuk perawatannya pun hanya penggantian dan pengurasan air yang dilakukan sepuluh hari sekali yang dikerjakan oleh pekerja. Nano bersama kakaknya mencoba memberdayakan masyarakat sekitar untuk merawat tempat tersebut.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x