Jelang Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, Mendagri Ingin Batasi Gerak Kawasan Wisata

- 19 Oktober 2020, 15:43 WIB
Kawasan wisata di Pangandaran, Jawa Barat.
Kawasan wisata di Pangandaran, Jawa Barat. /Kabar Priangan/Agus Kusnadi/

GALAMEDIA - Menjelang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bakal menggelar rapat bersama sejumlah kepala daerah dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Ia khawatir libur panjang tersebut dapat menyebabkan masyarakat menyerbu sejumlah tempat wisata hingga menjadi titik penyebaran virus corona (Covid-19).

Tito menilai kepala daerah dan forkopimda memiliki peranan penting dalam pencegahan Covid-19. Kepala daerah, kata dia yang lebih mengetahui kondisi daerah masing-masing.

Baca Juga: Penyebar Hoax Bakal Didenda!!! Kemenkominfo Siapkan Aturan Pemblokiran Media Sosial

“Kita rencanakan rapat dengan kepala daerah dan forkopimda, Insyaallah Rabu atau Kamis paling lambat, bagaimana daerah berbuat,” ujar Tito usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin 19 Oktober 2020.

Dalam rapat bersama kepala daerah dia akan meminta untuk mengidentifikasi tempat wisata. Terutama, yang berpotensi ramai dikunjungi saat libur panjang.

“Nanti kami sampaikan kepada seluruh kepala daerah dan forkopimda agar mengidentifikasi daerah, tempat liburan dan kira-kira berapa kapasitasnya diatur,” ucapnya.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 5,8 Magnitudo Guncang Wilayah Sumatera Barat

Menurutnya, masih ada waktu untuk mengantisipasi penularan Covid-19 saat libur panjang. Daerah, kata dia dapat bekerja sama dengan pengelola tempat wisata untuk melakukan pengaturan.

“Mungkin dengan mengurangi kapasitasnya. Kemudian tidak adanya kegiatan-kegiatan, tidak memberikan izin misalnya oleh kepolisian, tidak memberikan izin kegiatan keramaian dengan musik, kemudian kumpulan besar dan lain-lain. Nah ini kita akan lakukan langkah-langkah,” katanya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x