Ridwan Kamil Ajak Arsitek untuk Aktif Sumbang Ide kepada Pemerintah

- 20 Oktober 2020, 21:06 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjadi narasumber web seminar "70 Tahun Pendidikan Arsitektur Indonesia: Arsitektur Untuk Kebaikan Bersama" melalui konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (20/10/20). (Foto: Yogi P/Humas Jabar) /

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang juga arsitek asal Bandung mengatakan, arsitek harus memiliki peran aktif dalam memberikan ide dan gagasan secara ilmiah kepada pemerintah.

Ide atau gagasan itu, lanjut Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil, bisa membantu pemerintah dalam membangun Jabar lewat berbagai proyek strategis. Asalkan, usulan yang disampaikan logis dan memberikan solusi nyata.

“Pendidikan arsitektur membekali saya satu hal, (yakni) dengan pendidikan arsitektur kita bisa memberikan solusi jika ada sebuah problem statement dengan hasil kerja yang paling realistis,” kata Kang Emil dalam web seminar "70 Tahun Pendidikan Arsitektur Indonesia: Arsitektur Untuk Kebaikan Bersama" melalui konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa 20 Oktober 2020.

Baca Juga: Kudapan Seru hingga Solusi Logistik di Merchant ShopeePay Minggu Ini!

Kang Emil pun memaparkan proses kerja dalam lingkup pemerintahan yang terbagi menjadi dua bagian yaitu top-down dan bottom-up. Untuk proses kerja top down, ia berujar bahwa sebuah proyek lahir sesuai karakter pemimpin.

“Apabila pemimpinnya berpikir secara sosial ekonomi, (maka) seperti apa yang sedang saya kerjakan, yaitu merevitalisasi alun-alun di setiap kabupaten/kota di Jabar,” ujar Kang Emil.

Terkait proses kerja bottom-up, ia mengatakan dalam proses inilah para arsitek bisa ikut terlibat dalam sebuah proses pengerjaan proyek pembangunan dengan duduk bersama memikirkan ide dan gagasan.

Baca Juga: Uu Ruzhanul Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan terhadap Potensi Bencana Hidrometeorologi

“Karena sebenernya mengenai dunia arsitektur, tidak semua pemerintah itu tahu apa yang harus dikerjakan. Di sinilah peran para arsitek dinantikan untuk memberikan ide-ide dan gagasan yang segar untuk diadopsi oleh pemerintah,” kata Kang Emil.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X