Menhub Pastikan Soft Opening Pelabuhan Patimban Akhir November 2020

- 31 Oktober 2020, 15:39 WIB
MenteriPerhubungan, Budi Karya Sumadi didampingi Bupati Subang saat meninjau dengan perahu nelayan di Patimban.
MenteriPerhubungan, Budi Karya Sumadi didampingi Bupati Subang saat meninjau dengan perahu nelayan di Patimban. /Dally Kardilan/

GALAMEDIA - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan ke proyek pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban di Pusakanagara, Kabupaten Subang, Sabtu 31 Oktober 2020. Ia memastikan tahap awal akan diresmikan akhir November mendatang.

"Ini tinjauan terakhir sebelum nanti kami soft opening, minggu ketiga November tahap pertama harusnya sudah selesai pembangunan pertama dan operasional terbatas,” kata Budi melalui keterangan kepada wartawan. 

Baca Juga: Duh, Bayi 1,5 Tahun Terjebak dalam Lift Selama 1,5 Jam Bersama Ibu dan Kakaknya

Untuk tahap pertama yang akan beroperasi, objek fisik yang direncanakan sudah siap yakni terminal peti kemas sepanjang 150 meter, lapangan peti kemas seluas 35 hektare (ha) dengan kapasitas 250.000 TEUs (twenty-foot equivalent unit), dan terminal kendaraan 300 meter dengan kapasitas 218.000 CBU.

“Nanti akan menangani terminal kendaraan serta otomotif dan bongkar-muat peti kemas,” ujarnya.

Kunjunganya pun didampingi Bupati Subang,H.Ruhimat dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

Baca Juga: 78 Wisatawan Reaktif Rapid Test dalam Operasi Gabungan, Masyarakat Diimbau Protokol Kesehatan

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus Purnomo menyampaikan pada tahap satu ini, uji sandar kapal sudah dilakukan pada awal minggu lalu. Agus mengatakan, saat ini tahap yang sedang berproses adalah pembuatan akses jalan agar pelabuhan dapat segera beroperasi.

“Dermaga tahap 1 sudah melakukan uji sandar kapal sejak awal minggu ini dan hasilnya sudah cukup memuaskan. Sekarang kami sedang melakukan persiapan untuk jalan akses, sehingga nanti di minggu ketiga November, Pelabuhan Patimban tahap 1 sudah siap untuk beroperasi,” kata Agus.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x