Mahfud MD Tegaskan Gatot Nurmantyo Tetap Terima Bintang Mahaputera Meski Tak Hadiri Acara

- 11 November 2020, 11:58 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD.
Menko Polhukam Mahfud MD. /Dok. Humas Kemenko Polhukam

GALAMEDIA - Meski tidak menghadiri acara, Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo disebut tetap menerima anugerah Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam video yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 11 November 2020.

Mahfud Md menyebutkan, Gatot Nurmantyo telah menyatakan kesediaan untuk menerima Bintang Mahaputera dari Presiden Jokowi meskipun tak menghadiri acara di Istana.

Baca Juga: Tegas Surati Jokowi, Gatot Nurmantyo Tak Hadiri Pemberian Anugerah Bintang Mahaputera

"Presiden pada hari ini telah secara resmi menyerahkan Bintang Mahaputera dan Bintang Jasa kepada sekian banyak orang tadi, dari sekian yang dianugerahi Bintang Mahaputera tadi yaitu bapak Gatot Nurmantyo. Tapi dalam suratnya Pak Gatot Nurmantyo itu menyatakan menerima pemberian bintang jasa ini tetapi beliau tidak bisa hadir karena beberapa alasan, pertama karena ini suasana Covid," katanya.

Mahfud mengatakan justru karena alasan pandemi Covid-19, penganugerahan digelar dalam dua sesi. Sehingga, kata Mahfud, acara bisa dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan menghindari penularan Covid-19.

"Ya justru karena suasana Covid disepakati pada bulan Agustus itu dulu dipecah dua ya, yang separuh bulan Agustus yang separuh sekarang sehingga suasana terpenuhi standarnya," jelasnya.

Baca Juga: Cara Belanja Hemat untuk Meriahkan 11.11, Lihat Caranya Disini

Meski tak hadir di Istana, kata Mahfud, Gatot tetap akan menerima penghargaan Bintang Mahaputera. Penghargaan tersebut akan dikirim lewat Sekretaris Militer.

"Oh iya nanti dikirim lagi melalui Sekretaris Militer, beliau kan mengatakan di sini beliau menyatakan menerima ini sehingga, hanya tidak bisa hadir penyematannya," tutur dia.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x