China Hentikan Impor Produk Beku dari sejumlah Negara, Ditemukan Produk Terpapar Covid-19

- 15 November 2020, 07:30 WIB
Ilustrasi kesibukan pedagang di Pasar Zuojiazhuang, Beijing.
Ilustrasi kesibukan pedagang di Pasar Zuojiazhuang, Beijing. /ANTARA/M. Irfan Ilmie/am


GALAMEDIA - Setelah ditemukan produk yang terkontaminasi Covid-19, Kementerian Kepabeanan China (GAC) langsung mengontak 109 negara pemasok makanan beku untuk menangguhkan impor dari negara-negara tersebut.

Penangguhan tersebut dilakukan setelah ditemukan kandungan COVID-19 pada produk makanan beku impor di lima tempat berbeda, Jumat 13 November 2020 dan Sabtu 14 November 2020.

Kelima tempat itu adalah Wuhan (Provinsi Hubei), Jinan dan Liangshan (Provinsi Shandong), Quanzhou (Provinsi Fujian), dan Lanzhou (Provinsi Gansu).

Baca Juga: LIVE STREAMING Pernikahan Sule dan Nathalie, Digadang-gadang Jadi Pernikahan Terheboh

Kepada negara-negara tersebut, GAC seperti dilansirkan Antara dari CCTV, media penyiaran resmi China, Sabtu 14 November 2020, mengatakan, akan meningkatkan pengawasan terhadap produk impor.

Namun, GAC tidak menyebutkan nama-nama 109 negara yang masuk daftar penangguhan impor.

Meskipun demikian pada Jumat 13 November 2020, GAC telah mengumumkan penangguhan impor ikan sotong dari perusahaan asal India setelah ditemukan kandungan COVID-19 pada tiga paket ikan beku tersebut.

Baca Juga: BREAKING NEWS, Gempa 3,0 Maginitudo Guncang Kabupaten Bandung

Sejak Juni, lebih dari 10 provinsi di China, termasuk Beijing, Liaoning, Anhui, Fujian, Jiangxi, Shandong, Guangdong, Shaanxi, dan Jiangsu, telah mendapati COVID-19 pada beberapa sampel makanan impor.

Untuk menghindari penularan COVID-19 dari makanan impor, Dewan Pemerintahan China (Dewan Kabinet), Senin 9 November 2020, telah menginstruksikan penggunaan disinfektan pada seluruh makanan beku sebelum dilempar ke pasaran.

Semua kelengkapan di gudang produk impor juga wajib disterilisasi, termasuk tempat penyimpanan dan kendaraan pengangkut.***


Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x