Jangan Sampai Salah, Ini Tips Mencuci Sepeda Motor yang Baik dan Benar

- 27 Oktober 2020, 18:32 WIB
ilustrasi. (ist) /

GALAMEDIA - Sepeda motor merupakan sarana transportasi yang menjadi idola untuk digunakan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia.

Merawat sepeda motor dengan mencucinya secara rutin adalah kegiatan yang paling mudah dan sederhana bisa dilakukan oleh siapa saja, namun disamping itu butuh perhatian khusus saat mencuci.

Apalagi di musim hujan saat ini, motor akan sering lebih kotor usai digunakan jika terkena air hujan karena akan muncul kotoran akibat cipratan air hujan sehingga menyebabkan kotoran menempel pada bagian-bagian tertentu.

“Motor yang bersih akan nyaman digunakan oleh semua orang dan dapat menghindari adanya kerusakan yang mengakibatkan memburuknya kinerja mesin sepeda motor,” ujar Ade Rohman, selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Baca Juga: Ini Penyebab yang memberatkan 3 Petinggi Sunda Empire hingga Divonis 2 Tahun Penjara

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dan dihindari saat mencuci sepeda motor agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan sehingga motor tetap aman dan nyaman dari kerusakan :

1. Sebelum mencuci sepeda motor, pastikan terlebih dahulu mesin sudah dalam keadaan kondisi suhu dingin. “Karena bagian logam pada komponen motor yang masih panas, jika bersentuhan dengan air dingin saat mencuci adalah hal yang bertentangan,” kata Ade.

2. Ketika mesin sudah dalam keadaan dingin, bilas terlebih dahulu semua permukaan sepeda motor dengan air bersih sampai kotoran yang menempel pada bagian bodi sepeda motor hilang. “Hati-hati terhadap Kotoran yang menempel dibagian panel bodi karena dapat merusak lapisan cat,” ujar Ade.

Baca Juga: Peneliti Diskusikan Inovasi Batik Tamarin

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X