Akui Masyarakat Merasa Penegakan Hukum Tak Adil, Kapolri: Tumpul ke Atas

- 24 Februari 2021, 16:09 WIB
Kapolri saat memberi keterangan setelah melantik pejabat di lingkungan Mabes Polri
Kapolri saat memberi keterangan setelah melantik pejabat di lingkungan Mabes Polri /Pikiran-Rakyat.com/ Muhammad Rizky Pradila/

GALAMEDIA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyatakan masyarakat saat ini menilai penegakan hukum masih belum adil sehingga menginstruksikan Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto dan jajarannya mewujudkan penegakan hukum yang adil.

"Karena di masyarakat masih didapati suasana kebatinan yang merasakan bahwa hukum itu tajam hanya ke bawah, tapi tumpul ke atas," kata Listyo saat melantik sejumlah petinggi Polri di Gedung Awaloedin Djamin, Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Rabu 24 Februari 2021.

Kapolri mengingatkan agar jajarannya bisa mendengar aspirasi masyarakat dalam menjalankan tugas. Ia sangat berharap masyarakat mendapat rasa keadilan.

Baca Juga: Innalillahi, Lima Orang Santri Pontren An Nidhomiyah Meninggal Dunia Tertimbun Longsor

Mantan Kabareskrim ini kembali menyinggung upaya restorative justice sebagai bentuk penyelesaian permasalahan, terutama dalam kasus-kasus yang berkaitan dengan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Meski begitu, ia tetap meminta jajarannya tetap bertindak tegas dan menegakkan hukum secara kuat terhadap masalah yang menyangkut keselamatan jiwa masyarakat serta berpotensi menimbulkan konflik horizontal.

"Sehingga kemudian rasa keadilan ini betul-betul kita wujudkan," ujarnya.

Baca Juga: Simak Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab 2021 Lengkap dengan Niatnya

Agus Andrianto dilantik sebagai Kabareskrim baru. Jenderal bintang tiga itu sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara dan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X