Mau Cemilan yang Menyehatkan? Coba Konsumsi Buah-buahan Kering

- 30 November 2020, 11:09 WIB
Kismis menjadi salah satu cemilan yang menyehatkan. /PIXABAY


GALAMEDIA - Buah-buahan kering seperti kismis, kurma, plum dan buah ara, teryata menjadi alternatif cemilan yang menyehatkan dan baik untuk meningkatkan kesehatan.

Bahkan para ahli setuju kalau buah-buahan menjadi cemilan sehat.

Hal itu terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan Penn State University. Dimana para peneliti menemukan orang yang mengonsumsi buah-buahan kering cenderung lebih sehat dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Baca Juga: Waspada!! Gelombang Tinggi Hingga 4 meter Berpotensi Terjadi Hingga Awal Desember 2020

Dalam penelitian yang terbit di Journal of Academy of Nutrition and Dietetics itu, bisa dilihat bagaimana buah-buahan kering telah menjadi alternatif yang lebih sehat dibanding buah-buahan segar.

Dilansirkan PMJNews dari laman The Ladders, Minggu 29 November 2020, secara umum buah-buahan mengandung banyak sekali nutrisi seperti serat, kalium, dan bioaktif lain yang baik untuk jantung.

"Buah kering bisa menjadi pilihan yang bagus untuk camilan bergizi, tetapi konsumen mungkin ingin memastikan bahwa mereka memilih versi tanpa pemanis dan tambahan gula," jelas peneliti pasca doktoral Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Valerie Sullivan.

Baca Juga: Bitto UP10TION Positif Covid-19, Agenda Bubar Rekaman CCTV Diamankan

Namun meskipun buah-buahan kering dapat menjadi pendorong yang sehat untuk diet, penting juga untuk memerhatikan porsi. Ukuran porsi juga bisa rumit, karena satu porsi buah kering akan lebih kecil daripada satu porsi buah segar yang masih mengandung air.

"Namun hal positifnya adalah buah kering lebih mudah dibawa-bawa, awet disimpan di rak, dan bahkan bisa lebih murah. Jadi lebih banyak orang yang bisa makan buah," tuturnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: PMJ News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X