Cegah Terjadinya Kiamat, NASA Langsung Kirim Pesawat Khusus ke Luar Angkasa

- 2 Desember 2021, 13:23 WIB
NASA meluncurkan misi pertahanan planet yang menabrak asteroid DART
NASA meluncurkan misi pertahanan planet yang menabrak asteroid DART /NASA/Johns Hopkins, APL/Steve Gibben

GALAMEDIA - Belum lama ini NASA meluncurkan sebuah pesawat DART ke ruang angkasa untuk menangkal asteroid agar terhindar dari tabrakan dengan Bumi.

Perlu diketahui kabar tersebut pesawat luar angkasa itu merupakan misi NASA untuk mendemonstrasikan sistem pertahanan planet pertama di dunia yang dirancang untuk membelokkan asteroid dari potensi tabrakan kiamat dengan Bumi.

Sementara itu, dilansir Galamedia dari akun Twitter Al Arabiya  pesawat ruang angkasa yang dinamakan misi DART (Double Asteroid Redirection Test) diluncurkan ke langit malam pada pukul 10:21 malam dengan membawa roket Falcon 9 milik SpaceX.

Baca Juga: Gak Ketulungan! Atta- Aurel Sengaja Beri 3 Kado Mewah Sekaligus untuk Rayyanza: Harus, Ini Kan Sultan!

Muatan DART yang seukuran mobil kecil, dilepaskan dari booster beberapa menit setelah peluncuran untuk memulai perjalanan 10 bulan ke luar angkasa, sekitar 6,8 juta mil (11 km) dari Bumi.

Sesampainya di sana, DART akan menguji kemampuannya untuk mengubah lintasan asteroid dengan kekuatan kinetik belaka.

Membajaknya dengan kecepatan tinggi untuk mendorong batu ruang angkasa keluar dari jalur yang cukup untuk menjaga planet kita dari bahaya.

Baca Juga: Imam Besar New York Sentil Jenderal Dudung Soal 'Tuhan Kita Bukan Orang Arab': Baiknya Tuntaskan KKB di Papua

Kamera yang dipasang pada penabrak dan pesawat ruang angkasa mini seukuran tas kerja yang akan dilepaskan dari DART sekitar 10 hari sebelumnya akan merekam tabrakan dan memancarkan gambarnya kembali ke Bumi.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network