Bisik Sunyi Apun, Kesaksian Perempuan dari Festival Kopi Cianjur

- 31 Juli 2022, 14:12 WIB
Bisik Sunyi Apun, Kesaksian Perempuan dari Festival Kopi Cianjur./dok. IST
Bisik Sunyi Apun, Kesaksian Perempuan dari Festival Kopi Cianjur./dok. IST /

GALAMEDIANEWS - Disaksikan sekitar seribuan penonton yang hadir dalam acara Festival Kopi Cianjur, Sabtu, 30 Juli 2022 malam, Bisik Sunyi Apun membuat seluruh pasangan mata terbawa ritme dramatik sejarah Cianjur lampau, saat kisah Apun Gencay terjadi.

Koreografer yang sekaligus penari, Wina Rezky Agustina, dari Lokatmala Foundation malam itu berhasil menerjemahkan kisah Apun Gencay yang sarat dengan unsur erotis dengan latar belakang kegusaran petani kopi di masa kolonial.

Apun Gencay yang disajikan dalam sebuah pertunjukan kekinian cukup mampu mengheningkan kebisingan yang pernah terjadi dalam alur sejarah kota Cinajur yang disembunyikan.

Baca Juga: LINK Download Lagu MP3 dan MP4 Hits 2022, Unduh Tanpa Ribet dan Gratis!

“Tidak semua harus dibunyikan, jika sunyi lebih baik, dari kopi seluruh bisik berarti,” begitu penggalan kisah yang sepertinya diangkat oleh Wina melalui pertunjukan tari kontemporernya sebagaimana tertara dalam poster yang menghiasi undangan gratis di media sosial sebuah acara unik dalam rangka HUT Cianjur ke 345 itu.

Kegiatan yang diinisiasi para ‘pejuang’, pengusaha serta pramuseduh kopi Cianjur ini cukup mampu menyedot publik Cianjur berbondong di malam itu. Beberapa tampilan band lokal membuat suasana Festival Kopi Cianjur kali pertama ini makin seru.

“Kami sekedar mencoba menerjemahkan kisah Apun Gencay ke dalam sebuah pertunjukan sederhana. Kisah Apun yang penuh dramatik dalam situasi amuk petani kopi di jaman kolonial memang layak untuk dikisahkan kembali,” kata Direktur Program dan SDM Lokatmala Foundation, Dika Dzikriawan, kepada Wartawan malam itu.

Disebutkan Dika, perjuangan melawan penindasan yang melahirkan semangat nasionalisme kerakyatan pada jaman kelabu tanam paksa ternyata menampilkan sosok sunyi perempuan bernama Apun Gencay.

Baca Juga: KARIM BENZEMA dan Marco Asensio Bawa Real Madrid Hajar Juventus 2-0

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x