Abdimas FTE dan FIK Tel-U Hadirkan Terobosan Mesin Pengolahan Kopi

- 15 Juli 2022, 21:36 WIB
Abdimas FTE dan FIK Tel-U Hadirkan Terobosan Mesin Pengolahan Kopi./dok. IST
Abdimas FTE dan FIK Tel-U Hadirkan Terobosan Mesin Pengolahan Kopi./dok. IST /

GALAMEDIA - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Kelompok Keahlian Control, Electronics, and Intelligent Systems (KK CEIS) dan KK Transmisi & Telekomunikasi (Transtel), Fakultas Teknik Elektro (FTE), menggelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang menyasar kepada UMKM pengolahan biji kopi "Darma Coffee“ di Desa Warjabakti, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Selasa 12 Juli 2022.

Kegiatan juga melibatkan Kelompok Keahlian Innovative Lifestyle and Designed Environment (KK INLIVE), Fakultas Industri kreatif (FIK) Universitas Telkom.

Menurut Ketua Tim PKM Husneni Mukhtar, Ph.D, pada kegiatan ini, tim pengabdian masyarakat FTE dan FIK mengembangkan suatu mesin roasting biji kopi otomatis dari segi proses roastingnya kecuali kontrol sumber pemanasnya.

Baca Juga: Download Lagu MP3 Barat Hits dan Viral Resmi, Link Tersedia di Sini

Mesin roasting kopi ini dilengkapi drum berkapasitas 1,5 kg yang dapat berputar secara kontinu dengan putaran per menit yang dapat diatur, serta 2 kipas pendingin di bagian penampung biji kopi yang telah diroasting.

"Selain itu, pengguna dapat memilih durasi proses roasting dari tombol yang disediakan, lalu temperatur selama proses roasting ditampilkan pada display," ujarnya.

"Mesin roasting ini otomatis akan mati sumber api pemanasnya jika durasi proses roasting yang dipilih pengguna telah tercapai," lanjutnya.

Mesin roasting kopi otomatis ini dirancang agar mudah digunakan oleh para anggota UMKM Darma Coffee sesuai dengan kebutuhan mereka di lapangan.

Baca Juga: Matangkan Pemenangan di Pemilu 2024, Majelis Pakar PPP Gelar Rakornas

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x