6 November: Cut Nyak Dhien Meninggal Dunia, Eks Menkes Siti Fadilah Supari Lahir di Surakarta

- 6 November 2020, 09:00 WIB
Cut Nyak Dien. (republika.co.id) /


GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 6 November, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Di antaranya adalah pahlawan nasional Cut Nyak Dhien meninggal dunia dan Kakawin Bharatayuddha rampung ditulis Mpu Panuluh dan Mpu Sedah.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 6 November, yang dirangkum Galamedia dari wikipedia.org:

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan, Warga Jabar yang Ingin Jemput Habib Rizieq Harus Seperti Ini

1157
Kakawin Bharatayuddha rampung ditulis Mpu Panuluh dan Mpu Sedah. Kakawin Bharatayuddha merupakan karya sastra Jawa Kuno. Di antara karya-karya sastra Jawa Kuno lainnya, Kakawin Bharatayuddha adalah yang paling termasyhur.

Kakawin ini menceritakan peperangan antara kaum Korawa dan Pandawa, yang disebut peperangan Bharatayuddha. Menurut kronogram yang terdapat pada awal kakawin ini, karya sastra ini ditulis ketika sanga-kuda-śuddha-candramā.

Sangkala ini memberikan nilai: 1079 Saka atau 1157 Masehi, pada masa pemerintahan prabu Jayabaya. Persisnya kakawin ini selesai ditulis pada 6 November 1157.

Kakawin ini digubah oleh dua orang yaitu, mpu Sedah dan mpu Panuluh. Bagian permulaan sampai tampilnya prabu Salya ke medan perang adalah karya mpu Sedah, selanjutnya adalah karya mpu Panuluh.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan, FPI: Saudi Kirim Email ke Maskapai, Coba Gagalkan Kepulangan Habib Rizieq

1908
Cut Nyak Dhien merupakan Pahlawan Nasional Indonesia dari Aceh yang berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh. Ia lahir di Lampadang, Kerajaan Aceh, pada 1848. Cut Nyak Dhien meninggal pada 6 November 1908 di Sumedang, Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X