Ada 203 TPS Rawan Bencana Saat Pilkada Digelar di Kabupaten Bandung

- 8 Desember 2020, 20:23 WIB
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020.
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. /Pikiran-Rakyat.com/Fian Afandi

GALAMEDIA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung memetakan sebanyak 203 tempat pemungutan suara (TPS) terindikasi rawan terkena bencana saat musim hujan ini.

Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya mengatakan bencana itu di antaranya banjir dan longsor. Sebanyak 203 TPS yang rawan bencana itu, kata dia, tersebar di sembilan kecamatan.

Baca Juga: Duta Besar Ini Mendadak Muncul Bawa-bawa Tuhan: Semurah Itu Harga Nyawa di Bumi Indonesia?

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami juga sudah berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bandung, karena mereka juga sudah cukup berpengalaman menghadapi bencana di saat pemilu," papar Agus di Kantor KPU Kabupaten Bandung, Selasa, 8 Desember 2020.

Dari seluruh TPS yang rawan itu, lanjut dia, mayoritasnya adalah rawan bencana banjir. Sedangkan sisanya merupakan TPS yang rawan longsor dan bencana lainnya.

Baca Juga: Jenazah Pengawal Habib Rizieq Dibawa ke Petamburan, Fadli Zon Kritisi Autopsi Hingga 30 Jam

Dia menyebutkan sembilan kecamatan itu yakni (rawan banjir) Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Cileunyi, Rancaekek, Majalaya, (rawan longsor) Rancabali, Pangalengan dan Kertasari.

"Kalau banjir, antisipasinya BPBD menjemput pemilih dengan perahu, seperti pemilu tahun lalu," tambahnya seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Mendadak Singgung Soal Keadilan dan Hukum, Dubes RI untuk Ukraina: Tangan Tuhan Akan Memukulnya

Selain itu, ia juga mengantisipasi TPS yang rawan bencana itu dengan menyiapkan TPS alternatif yang dinilai lebih aman terhadap ancaman bencana tersebut.

Sejauh ini BPBD Kabupaten Bandung juga sudah mengimbau kepada setiap kecamatan agar mengantisipasi terjadinya bencana yang disebabkan cuaca ekstrem. Salah satunya dengan mengungsikan warga apabila hujan lebat terjadi.***

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x