Politikus Top Berjatuhan ke Pelukannya, FBI Akhiri Petualangan Fang Fang Mata-mata Karismatik China

- 10 Desember 2020, 13:33 WIB
galamedianews.com
galamedianews.com /galamedianews.com

GALAMEDIA - Laporan mengejutkan dari Axios pekan ini mengguncang kalangan politikus berpengaruh Amerika Serikat. Terungkap sejumlah nama top jatuh ke pelukan Fang Fang atau Christine Fang.

Bukan sembarang perempuan, hasil investigasi Axios selama satu tahun mengungkap Fang merupakan agen Intelijen China yang beroperasi di bawah Kementerian Keamanan Negara Tiongkok.

Baca Juga: Sri Mulyani : Tahun Depan, Tarif Cukai Rokok Naik Sebesar 12,5 Persen

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Kamis (10 Desember 2020) Fang menjalankan misi di  Bay Area California pada rentang tahun 2011 hingga 2015.  

Fang menyusup di antara pergaulan papan atas politik Negeri Paman Sam melalui penggalangan dana kampanye, jaringan pergaulan, juga pesona dan asmara hingga seks romantis agar bisa dekat dengan para politisi yang kini terbukti menduduki posisi penting.

Baca Juga: SatRes Narkoba Polres Sumedang Ringkus Komplotan Pengedar Narkoba Jenis Sabu dan Tembakau Gorila

Fang di antaranya membantu anggota dewan Demokrat Eric Swalwell menggalang dana untuk kampanye pemilihan ulangnya. Swalwell yang tergabung dalam tim pemakzulan Presiden Donald Trump kini menjadi anggota Komite Intelijen.

Sejumlah dokumentadi menunjukkan sejumlah interaksi antara Sawlwell dan Fang yang juga  membantu penggalangan dana Tulsi Gabbard, politisi lainnya terkenal di panggung politik California

Fang pun dilaporkan memiliki hubungan romantis atau hubungan seksual dengan dua pejabat terpilih Midwestern.

Operasi  Fang berakhir di masa pemerintahan Obama. Ia kabur diduga setelah mengetahui namanya menjadi buruan misi kontraintelijen FBI.

Baca Juga: Awas Kebiasaan Ini Bisa Merusak Otak, Jangan Anggap Sepele

Hubungan Fang dengan Sawlwell yang merupakan salah satu anggota DPR termuda dengan posisi penting memicu perdebatan mengenai upaya Beijing memengaruhi kelompok politik AS.

Kekhawatiran akan pengaruh Beijing di Amerika ikut “merecoki” pemerintahan Trump dan kemungkinan akan berlanjut hingga pemerintahan Joe Biden. Diketahui Fang berusia awal 30-an ketika  mendaftar di California State University East Bay.

Axios melaporkan Fang menjabat sebagai presiden Asosiasi Pelajar Cina dan Urusan Publik Amerika Kepulauan Asia Pasifik (APAPA). Ia menggunakan posisinya untuk melibatkan diri di lingkaran politik lokal.

Baca Juga: Lamborghini Huracan EVO RWD jadi Hadiah Amal Konser Lady Gaga 911

Fang mengundang anggota parlemen, eksekutif politik, dan pejabat konsuler China untuk menghadiri serangkaian acara penting. Hasilnya melalui penggalangan dana, karisma, dan hubungan romantis, Fang berhasil menjadi sosok penting.

Operasi Fang diduga dilakukan di bawah penyamaran APAPA,  kelompok yang mempromosikan urusan sipil untuk Kepulauan Asia Pasifik.

Sumber Axios mengatakan,  beberapa kontak politik pertama Fang ermasuk mantan Wali Kota Fremont Bill Harrison serta anggota Dewan  Judy Chu dan Swalwell.

Laman Facebook Fang bahkan menunjukkan dirinya  berteman dengan ayah dan saudara laki-laki Swalwell.

Baca Juga: Buntut Ambruknya Geo Theater Senilai Rp 3,6 Miliar , Polisi Turun Tangan

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x