Gempa Bumi Magnitudo 4,2 di Wilayah Brebes Rusak Puluhan Rumah di Kuningan Jawa Barat

- 11 Desember 2020, 15:01 WIB
Ilustrasi gempa bumi. (ANTARA/Shutterstock/pri)
Ilustrasi gempa bumi. (ANTARA/Shutterstock/pri) /

GALAMEDIA - Gempa bumi dengan magnitudo 4,2 yang berpusat di 28 km barat daya Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Jumat 11 Desember 2020, menyebabkan sedikitnya 23 rumah mengalami kerusakan.

Berdasarkan data Pusdalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), puluhan rumah tersebut berada di wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Kategori rusak sedang 4 unit dan rusak ringan 19. Rumah mengalami kerusakan meskipun kekuatan guncangan pada skala II MMI [Modified Mercalli Intensity]," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, melalui keterangan tertulis, Jumat 11 Desember 2020.

Baca Juga: Kuasa Hukum Penyiram Air Keras Novel Baswedan Jabat Kapolda Banten

Berdasarkan peta guncangan dari BMKG, gempa magnitudo 4,2 memicu guncangan yang diukur dengan skala MMI wilayah Kuningan pada II MMI dan Cirebon pada II - III MMI.

Raditya mengungkapkan gempa juga berdampak pada rusaknya dua unit fasilitas umum di Kabupaten Kuningan.

"Kerusakan lain, BPBD Kabupaten Kuningan mencatat 2 unit fasilitas umum," imbuhnya.

Baca Juga: Habib Rizieq Pastikan Siap Jalani Pemeriksaan Penyidik Polda Metro Jaya

BPBD Kabupaten Kuningan telah menurunkan tim kaji cepat untuk mengidentifikasi dampak di lapangan. Raditya mengimbau agar masyarakat setempat tidak panik.

Sementara itu, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan gempa ini merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas Sesar Brebes.

Hal itu dapat dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Baca Juga: Harbolnas 12.12: Sejarah Singkat dan Pesta Diskon Besar oleh Sejumlah E-Commerce

"Jalur Sesar Brebes ini di peta terletak di sebelah barat daya Kota Brebes yang struktur sesarnya memanjang sekitar 22 kilometer berarah barat-timur, memiliki magnitudo tertarget 6,5. Sesar ini merupakan bagian dari Baribis-Kendeng Fold Thrust Zone," ujar Daryono.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x