Ada Tulisan #MosiTidakPercaya dan 'Pemulihan Bukan Pemilihan' di Surat Suara Pilkada Bandung

- 11 Desember 2020, 19:26 WIB
Surat suara selain tak dicoblos, ditulisi '#mosi tidak percaya' dan 'pemulihan bukan pemilihan' yang ditemukan di TPS 32 Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupatèn Bandung. (Engkos Kosasih/Galamedia) /

GALAMEDIA - Ada sejumlah cerita menarik yang terekam kamera saat pencoblosan di Pilkada Kab. Bandung, 9 Desember 2020.

Saat penghitungan suara, anggota KPPS, Pamsung, 3 saksi, panwas dan sejumlah warga terkejut. Betapa tidak, ketika memeriksa satu surat suara, selain surat surat tersebut utuh tanpa coblosan, di sana ada dua tulisan dengan tinta merah.

Dua tulisan tersebut, di kiri surat suara tertulis "#mosi tidak percaya" dan tulisan kedua di arah kanan "pemulihan bukan pemilihan".

Baca Juga: Politisi PDIP Setujui Polda Metro Jaya Jemput Paksa Habib Rizieq, Arteria: Terkesan Untouchable

Surat surat tanpa dicoblos yang hanya ditulisi ini ditemukan di TPS 32 Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupatèn Bandung. Sulit melacak siapa gerangan pemilih yang bikin ulah membuat anggota KPPS 21 ini terkejut.

Termasuk apa motif pemilih menulis dua kalimat tersebut, apakah iseng, kritik atau ada hal lain.

KPPS 1 TPS 32 GBB 21 Desa Cinunuk, Ahmad Kurnia ketika dikonfirmasi Jumat, 11 Desember 2020 membenarkan ada salah satu surat suara ditemukan tanpa dicoblos yang hanya ditulisi.

Baca Juga: Pohon Biasanya Menguntungkan, Pisonia Justru Jadi Tempat Mematikan Bagi Burung

"Ditemukanya surat suara tanpa dicoblos hanya ditulisi tersebut mengejutkan petugas, termasuk sejumlah warga. Kami tak ambil pusing. Surat suara yang tergolong tidak sah itu disatukan dengan suara tidak sah lainnya untuk dimasukkan ke kotak suara dan dikirim ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Cinunuk," terang Ahmad didampingi KPPS 2 Reza.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X