Siap-siap! Tahun 2021 Pemerintah Buka CPNS, Menpan RB Tjahjo Kumolo: Satu Juta Dulu

- 23 Desember 2020, 10:14 WIB
ilustrasi: Test CPNS
ilustrasi: Test CPNS /

GALAMEDIA - Tahun depan, pemerintah akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat, mengingat pada tahun ini tidak ada pendaftaran CPNS akibat pandemk covid-19.

Jumlah formasi yang akan dibuka pada seleksi CPNS pada tahun depan diperkirakan lebih besar dibandingkan tahun 2019.

Jabatan yang akan menjadi prioritas adalah tenaga pengajar dan juga kesehatan serta tenaga ahli untuk pembangunan.

Penetapan formasi juga akan memerhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah menghitung jumlah pegawai yang akan pensiun pada tahun lalu, tahun ini hingga tahun depan.

Baca Juga: Tak Ada Penerimaan CPNS 2020, Dua Tahun Terakhir 325.476 Orang Pensiun

Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aris Windiyanto mengatakan, penerimaan CPNS bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pegawai di institusi pemerintahan baik pusat maupun daerah.

Dengan begitu, instansi yang bersangkutan bisa memenuhi dan melaksanakan tugas dan fungsinya.

Oleh karena itu lanjut Aris, proses pengadaan formasi CPNS akan dilihat dari kebutuhan. Hanya saja dia tidak menyebutkan jumlah kebutuhan pegawai di pemerintah pusat maupun daerah.

“Penerimaan CPNS tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan satu lembaga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Oleh karena itu, proses pengadaan CPNS dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Saya belum bicara boleh atau tidaknya di tahun 2021,” kata Aris dalam keterangannya, Rabu 23 Desember 2020.

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mengatakan, penerimaan CPNS ini menjadi penting di masa krisis kesehatan seperti sekarang.

Bukan hanya dalam hal pandemi Covid-19, tetapi juga mengenai tingginya angka stunting dan kematian ibu anak (KIA) di Indonesia.

Baca Juga: Terungkap! Ada Kepolisian Dibalik Penutupan Rest Area KM 50

Beberapa formasi CPNS yang akan dibuka, katanya, seperti perawat, bidan, dokter umum, dokter spesialis, penyuluh pertanian, penyuluh perairan dan sebagainya.

"Penerimaan CPNS 2021, satu juta dulu, kita akan menambah perawat, bidan dan dokter umum, penyuluh pertanian dan perairan. Ini penting, sebab soal stunting yang masih sangat tinggi," kata Tjahjo.

Ia mengatakan hal itu pada Rapat Koordinasi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kabupaten/kota se-Sulsel, di Makassar, Rabu, 13 Oktober 2020.

Sehingga, kata Tjahjo Kumolo perekrutan CPNS di daerah akan direformasikan dengan kebijakan Presiden Jokowi, khususnya pada wilayah kebijakan kesehatan di masa dan pascapandemi Covid-19.

"Di masa pandemi kami juga sudah menyiapkan rekrutmen pada posisi sistem yang ada, makanya saya sudah sampaikan ke PT Taspen agar segera memproses pensiunan PNS," terang dia dilansir Antara.***


Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x