Mantul, Pesawat Karya Anak Banksa Ini Memperoleh Type Certificate

- 28 Desember 2020, 12:06 WIB
Pesawat N219 karya anak bangsa telah menyelesaikan seluruh rangkaian pengujian sertifikasi dan resmi memperoleh Type Certificate di akhir 2020.
Pesawat N219 karya anak bangsa telah menyelesaikan seluruh rangkaian pengujian sertifikasi dan resmi memperoleh Type Certificate di akhir 2020. /ANTARA/HO-Humas PTDI

 

GALAMEDIA - Pesawat karya anak bangsa yakni Pesawat N219 telah menyelesaikan seluruh rangkaian pengujian sertifikasi.

Pesawat hasil kerja sama antara PTDI dan LAPAN bahkan telah resmi memperoleh Type Certificate di akhir 2020 yang diberikan oleh otoritas kelaikudaraan sipil yang berwenang di Indonesia yakni Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara/DKPPU Kementerian Perhubungan RI.

"Prototype pesawat pertama (Prototype Design 1) N219 Nurtanio telah menjalani Flight Cycle sebanyak 250 cycle dan Flight Hours sebanyak 275 jam, sedangkan prototype pesawat kedua (Prototype Design 2) N219 telah menjalani Flight Cycle sebanyak 143 cycle dan Flight Hours sebanyak 176 jam.

Baca Juga: Heboh Taeyeon Girl's Generation dan Ravi VIXX Masuk Rumah yang Sama, Ini Tanggapan Terbaru Agensi

Sehingga secara total pesawat N219 telah menyelesaikan 393 Flight Cycle dan 451 Flight Hours dalam proses sertifikasi ini," kata Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Gita Amperiawan, Senin, Senin 28 Desember 2020.

Gita mengatakan, Type Certificate pesawat N219 diserahkan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono kepada Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro, disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Ruang Mataram, Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta.

"Proses sertifikasi merupakan proses terpenting untuk menjamin keamanan dan keselamatan, mengingat pesawat tersebut ke depannya akan digunakan oleh pengguna dan masyarakat umum," katanya seperti dilansirkan Antara.

Baca Juga: 37 Tahun Slank Hadirkan Kades Miliarder di Tengah Pandemi

Hasil pengujian DKPPU, pesawat N219 dinyatakan telah memenuhi CASR Part 23 (Airworthiness Standards for Aeroplanes in the Normal, Utility, Acrobatic or Commuter Category).

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x