Pemerintah Pastikan 1,8 Juta Vaksin Sinovac Akan Datang ke Indonesia Besok

- 30 Desember 2020, 16:05 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19*/
Ilustrasi vaksin Covid-19*/ /Iwan Rahmansyah

 
GALAMEDIA - Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Sinovac Dipastikan akan tiba di Indonesia Kamis 31 Desember 2020. Pengiriman tahap kedua ini bagian dari program kerja sama bilateral pengadaan vaksin virus corona.

"Insya Allah besok akan tiba kembali vaksin Sinovac sejumlah 1,8 juta. Dengan ketibaan ini, maka sudah 3 juta vaksin Sinovac berada di Indonesia," jelas Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam konferensi pers, Rabu 30 Desember 2020.

Selain mendatangkan vaksin Sinovac, kata Retno, pemerintah juga telah mengamankan suplai vaksin dari Astra Zeneca dan Novavax masing-masing sebesar 50 juta dosis.

Baca Juga: Nikmati Mudahnya Belanja Online di Merchant Baru ShopeePay

Kemudian, dari kerjasama jalur multilateral, Retno menyebut Indonesia terus bekerja, berkomunikasi dan berkoordinasi dengan WHO, GAVI dan lembaga lain untuk mengamankan vaksin Covid-19.

Menurut Retno, pengamanan ini dilakukan dengan mekanisme COVAX-AMC (Advance Market Commitment) dengan range perkiraan perolehan adalah 3 hingga 20 persen jumlah penduduk.

Sebelumnya, sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 produksi Sinovac tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu 6 Desember 2020 malam. Vaksin ini kemudian langsung dibawa menuju Bio Farma di Bandung. ***

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x