Warga Cimahi Tengah Berbondong-bondong Vaksin Hewan Peliharaannya

- 29 Desember 2020, 17:16 WIB
Warga berboindong-bondong vaksin hewan peliharaannya.
Warga berboindong-bondong vaksin hewan peliharaannya. /Laksmi Sri Sundari/

GALAMEDIA - Warga Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi berbondong-bondong membawa hewan peliharaannya, untuk mendapatkan vaksin gratis yang disediakan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantang) Kota Cimahi, Selasa 28 Desember 2020.

Mereka mendatangi kantor RW 09, lokasi dimana pelayanan vaksin rabies dan flu burung tersebut berlangsung. Kebanyakan warga membawa kucing peliharaannya untuk di vaksin. Ada juga yang membawa anjing, ayam, serta kera.

Sumarno (62), warga RT 03/RW 09 membawa dua ekor ayam peliharaannya untuk di vaksin flu burung.

Baca Juga: Diproses Polda Metro Jaya, Hakim Buka Kembali Kasus Chat Mesum Habib Rizieq dan Firza Husein

"Sebenarnya saya punya 3 ekor ayam jenis bangkok, tapi yang saya bawa baru dua ekor. Saya ingin ayam peliharaan saya ini sehat, apalagi sekarang lagi musim hujan ya rentan terkena penyakit," katanya.

Menurut Sumarno, mengetahui adanya vaksin gratis ini dari pengumuman yang disampaikan ketua RW setempat. "Mumpung vaksinnya gratis ya saya bawa aja ayamnya kesini. Kebetulan ayamnya belum pernah di vaksin sebelumnya," ujarnya.

Kepala Seksi (Kasi) Peternakan pada Dispangtan Kota Cimahi, Retno Wulan  mengatakan, setiap digelar vaksinasi,  warga sangat antusias mengikuti pelayanan vaksinasi gratis ini.

Baca Juga: Ngeri! Reformasi Pengelolaan Keuangan Daerah Tidak Serta Merta Turunkan Kasus Korupsi

"Ini memang kegiatan rutin setiap tahun, kita gelar vaksinasi rabies dan flu burung secara gratis. Dan ternyata cukup tinggi animonya, salah satunya di Kelurahan Padasuka ini," ujarnya.

Menurut Retno, untuk tahun 2020 ini pihaknya menyiapkan masing-masing 600 dosis vaksin flu burung dan rabies.

Untuk vaksin rabies, dari vaksin yang disiapkan sudah terpakai semuanya. Sementara untuk vaksin flu burung masih banyak tersisa.

Baca Juga: Ayah Ditemukan Bunuh Diri di Malam Natal, Putri Pewaris Tahta Norwegia Posting Pesan untuk Followers

"Untuk vaksin rabies yang kita sediakan karena sudah habis, jadi kita minta tambahan ke provinsi, dan diberi 500 dosis, karena memang yang banyak divaksinya kucing. Sedangkan untuk vaksin flu burung, dari target 600 dosis, yang sudah dipakai 450 dosis," katanya.

Diakui Retno, di massa pandemi Covid ini jumlah warga yang memvaksin hewan peliharaannya mengalami penurunan, dibanding sebelum adanya wabah penyakit mematikan tersebut

"Memang ada penurunan di beberapa kelurahan, tapi untuk di Padasuka sendiri antusiasnya bagus. Untuk kelurahan yang lain ada penurunan karena ngga semua RW dilaksanakan vaksin," katanya.

Baca Juga: Pajak Mobil Baru 0 Persen Direstui Presiden Jokowi, Menteri Perindustrian: Dalam Proses di Menkeu

Dalam pelaksanaan vaskin sendiri selalu menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Meski begitu, kata Retno, terkadang  ada warga yang tidak menerapkan jaga jarak.

"Saking antusiasnya kadang lupa untuk menjaga jarak, makanya kita sering mengingatkan mereka untuk jaga jarak. Untuk hewan sendiri ngga ada penyakit yang ada hubungannya dengan covid," ucapnya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x