Libur Tahun Baru, Pengusaha Pantai Pangandaran Alami Penurunan 200 persen

- 31 Desember 2020, 12:08 WIB
Sejumlah pengunjung pantai pangandaran saat berakitivitas di bibir pantai
Sejumlah pengunjung pantai pangandaran saat berakitivitas di bibir pantai /Robi Taufik
 
GALAMEDIA - Menjelang malam pergantian tahun, sejumlah pemilik penginapan dan hotel di pantai Pangandaran, Jawa Barat, mengeluhkan terjadinya penurunan wisatawan.
 
"Liburan tahun baru sekarang sangat menurun tajam sekitar 200 persen. Penginapan yang biasanya sudah full, sekarang kosong," ujar Enung, pemilik salah satu penginapan di Pantai Barat Pangandaran, Kamis 31 Desember 2020.
 
Dikatan Enung, sebelum pandemi Covid-19, para pengunjung sudah jauh-jauh hari melakukan pemesanan kamar, lantaran takut tidak kabagian tempat singgah.
 
 
"Sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, sekarang paling satu kamar yang menginap, itu juga sebelum malam pergantian tahun sudah kembali pulang," ucapnya.
 
Enung mengaku, dalam menjalankan usahanya di saat pandemi Covid-19, terjadi penurunan pendapatan mencapai 200 persen. Bahkan dampaknya bukan saja terhadap para pemilik penginapan melainkan pada pelaku usaha warung ikut kena dampak.
 
Sementara Yuningsih, pemilik penginapan lainnya asal Bandung, usahanya saat ini terus mengalami penurunan yang sangat drastis. Banyak para pengunjung yang urung untuk berkunjung ke Pangandaran.
 
 
"Saya selalu menyiapkan protokol kesehatan guna melayani para pengunjung, itu tidak berdampak terhadap peningkatan kunjungan," ujarnya.
 
Sementara Hotel-hotel mewah yang ada di Pangandaran terlihat sepi tidak ada kesibukan melayani para pengunjung. Termasuk banyak jumlah kamar yang kosong. ***
 
 
 
.
 
 
 
 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x