Ternayata Ini Penyebab Sering Banjir di Jatinangor, Rancaekek, dan Cicalengka Kata Ahli Hidrologi

- 13 Januari 2021, 14:39 WIB
Ilustrasi Banjir./ /Galamedia/Darma Legi

GALAMEDIA - Beberapa hari terakhir banjir terjadi di wilayah Jatinangor, Rancaekek, dan sebagian Cicalengka. Hal ini disebabkan curah hujan yang cukup tinggi yang melanda kawasan tersebut.

Pakar hidrologi Universitas Padjadjaran Prof. Ir. Chay Asdak, M.Sc., PhD, mengungkap ada sejumlah persoalan yang menjadikan banjir kerap menggenangi wilayah tersebut saat hujan tiba.

Persoalan pertama adalah adanya alih fungsi lahan di kawasan Gunung Geulis, sebelah timur Jatinangor.

Baca Juga: 11 Makanan Atasi Perut Kembung, Tak Perlu Khawatir dengan Penyakit ini Tapi Harus Tetap Waspada

“Sisi timur Gunung Geulis itu kan sudah terjadi alih fungsi lahan secara masif, tanaman menyerupai hutan sekarang sudah berubah menjadi permukiman,” ungkap Prof. Chay dalam siaran pers Humas Unpad, Rabu 12 Januari 2021.

Tidak hanya itu, lereng timur Gunung Geulis juga banyak dilakukan pengerukan pasir, sehingga hal ini meningkatkan run off aliran air ke permukaan yang lebih rendah.

Praktis, kawasan Jatinangor dan Rancaekek yang notabene berada di bawah menjadi “korban” gelontoran air dari gunung-gunung yang sudah rusak tersebut.

Tergerusnya area persawahan menjadi permukiman turut menjadi masalah. Padahal, kata Prof. Chay, persawahan setidaknya menjadi area “parkir air” saat hujan turun, sehingga air tidak akan meluber hebat ke wilayah di bawahnya.

Baca Juga: Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Rasa Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X