Gempa 7,1 SR yang mengguncang Jepang, Ternyata Susulan Gempa Dahsyat Tahun 2011

- 14 Februari 2021, 10:44 WIB
 Dinding beton yang roboh terlihat di kota Kunimi, Prefektur Fukushima pada Minggu pagi, setelah gempa bumi yang kuat melanda wilayah Tohoku Sabtu malam.
Dinding beton yang roboh terlihat di kota Kunimi, Prefektur Fukushima pada Minggu pagi, setelah gempa bumi yang kuat melanda wilayah Tohoku Sabtu malam. /Japan Times/

GALAMEDIA - Gempa berkekuatan 7,1 SR pada hari Sabtu uang mengguncang Jepang, diyakini sebagai gempa susulan dari gempa mematikan tahun 2011 lalu.

Seperti diketahui gempa tahun 2011 dengan kekuatan 9,0 skala richter memicu tsunami besar di daerah tersebut.

“Karena (gempa tahun 2011) adalah gempa yang sangat besar dengan kekuatan 9,0, tidak mengherankan jika terjadi gempa susulan dalam skala ini 10 tahun kemudian,” kata Kenji Satake seorang profesor di Institut Penelitian Gempa Universitas Tokyo dikutip Galamedia dari Japan Times.

Baca Juga: Bikin Baper, Al dan Andin Sepakat untuk Bersama Lagi, Sinopsis Ikatan Cinta 14 Februari 2021

Meskipun gempa terbaru berukuran relatif besar dengan fokus di lepas Prefektur Fukushima.

Hal Itu tidak mungkin menyebabkan tsunami, karena memiliki episentrum yang dalam sekitar 55 kilometer di bawah permukaan laut.

Badan Meteorologi juga mengatakan percaya, gempa pada 23.7 malam waktu setempat tersebut merupakan gempa susulan dari gempa besar yang melanda daerah tersebut hampir 10 tahun yang lalu hingga saat ini.

Baca Juga: Dituding Kudeta Ratu Resmi, CLBK Raja Nyentrik Thailand Nyatakan Selir Kesayangan Ratu Kedua

Menurut badan tersebut, intensitas seismik gempa 6 hingga pada skala 7 adalah yang terkuat yang terjadi di lepas pantai timur laut negara itu sejak 7 April 2011.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x