Hadapi Puncak Musim Hujan di Bulan Maret, BPBD Jabar Siapkan Personel dan Peralatan Evakuasi

- 17 Februari 2021, 18:12 WIB
BPBD Provinsi Jawa Barat memperlihatkan katamaran, yang bisa digunakan untuk mengevakuasi warga saat banjir./Foto:BPBD Jabar
BPBD Provinsi Jawa Barat memperlihatkan katamaran, yang bisa digunakan untuk mengevakuasi warga saat banjir./Foto:BPBD Jabar /

GALAMEDIA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat sudah menyiapkan personel dan peralatan untuk evakuasi dalam menghadapi puncak musim hujan.

Berdasarkan prediksi Badan Meteorelogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca seperti itu akan berlangsung hingga awal Maret.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Barat, Dani Ramdan mengatakan, selain pelampung dan perahu karet, pihaknya juga menyiapkan katamaran, sejenis perahu dengan dua lambung.

Baca Juga: Artis JJ Ditangkap di Perumahan Elit di Ancol Gara-gara Narkoba, Suaminya Bintang Sinetron Terkenal

Beberapa hari lalu, BPBD Provinsi Jawa Barat mendapatkan sumbangan tiga katamaran tambahan dari PT Gani Arta Dwitunggal.

Memiliki bentuk yang langsing, katamaran ini mudah untuk mobilitas di saat banjir di lingkup perumahan kota. Saat ini, BPPD Jabar memiliki empat unit katamaran.

"Katamaran ini terbuat dari high-density polyethylene (HDPE) dengan ketebalan 12 mm, sehingga dapat dipakai di daerah perkotaan. Karena saat terkena pagar rumah dan sebagainya. Katamaran aman dari kemungkinan bocor," jelas Dani, Rabu, 17 Februari 2021.

Dani pun mengimbau masyarakat untuk selalu tenang, namun tetap waspada. Terutama masyarakat yang berada di wilayah rawan atau berpotensi terjadinya banjir dan longsor.

Baca Juga: Nyeleneh, Politisi Partai Demokrat Usulkan Gedung Kemensos Jadi Museum Korupsi Bansos

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x