Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional, Dedi Taufik : Bahasa Ibu Bisa Mengubah Perilaku Seseorang

- 21 Februari 2021, 06:34 WIB
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik dan Ketua Tim WBTb Jawa Barat Bucky Wibawa
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik dan Ketua Tim WBTb Jawa Barat Bucky Wibawa /Kiki Kurnia

GALAMEDIA - Tanggal 21 Februari atau hari ini, Minggu 21 Februari 2021, diperingati sebagai hari bahasa ibu internasional.

Hari Bahasa Ibu Internasional merupakan hari yang diresmikan oleh PBB pada Sidang Umum ke-30 yang diadakan pada 1990. Hari itu untuk memperingati keberagaman budaya dan bahasa yang dimiliki setiap golongan masyarakat di dunia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Desi Taufik menyebutkan kita sesuatu dari bahasa ibu. "Artinya kita memulai kahidupan sejak lahir hingga dewasa tak lepas dari pengaruh bahasa ibu," ungkap Dedi Taufik saat dimintai komentarnya tentang Hari Bahasa Ibu Internasional, Minggu 21 Februari 2021.

Menurut Dedi, tutur bahasa ibu yang diterapkan baik di lingkungan rumah maupun sekolah akan merubah perilaku seseorang. "Dengan bahasa (bahasa ibu) bisa merubah perilaku dan etika seseorang. Da basa mah teu meuli," katanya.

Baca Juga: Akibat Siklon Tropis BMKG Beri Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Beberapa Perairan pada 21-22 Februari 2021

Dedi berharap dengan peringatan hari bahasa ibu internasional ini bisa direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara membangun komunikasi melalui bahasa.

"Komunikasi harus kita bangun melalui bahasa ibu, dan itu akan merubah kearah yang lebih baik," katanya.

Sementara menurut salah seorang anggota DPRD Jabar, Bucky Wibawa peringatan hari bahasa ibu menjadi sangat penting untuk bangsa Indonesia, khususnya warga Sunda.

"Orang Sunda memiliki falsafah, Basa Cicirèn bangsa, ilang basa na ilang bangsa na (Bhasa adalah ciri suatu bangsa, hilang bahasanya maka hilang bangsanya," ungkap kakak kandung dari Nicky Astria ini.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x