Ramadan 2021 Tinggal Menghitung Hari, Stok serta Harga Pangan Dijamin Aman dan Stabil

- 20 Maret 2021, 15:15 WIB
Pedagang menyortir cabai rawit di Pasar Induk Rau Serang, Banten, Selasa 9 Maret 2021./ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Pedagang menyortir cabai rawit di Pasar Induk Rau Serang, Banten, Selasa 9 Maret 2021./ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman /

GALAMEDIA - Bulan puasa 2021 atau tanggal 1 Ramadan 1442 Hijriah diperkirakan jatuh pada 13 April 2021.

Tak lebih dari sebulan lamanya, umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa Ramadan, setelah itu merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Tentu stok serta harga bahan pangan biasanya sangat rawan mengalami kenaikan dan menimbulkan gejolak masyarakat. Pemerintah pun sudah mengantisipasinya.

Baca Juga: Kaesang Pangarep dan Mantan Komisaris Persib Jadi Pemilik Persis Solo

Dilansir Galamedia dari laman indonesia.go.id, Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebagai penjaga gawang soal stok bahan pangan menjamin bahan pokok itu cukup dan harga pun terkendali menjelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

Mendag Muhammad Lutfi mengatakan, harga pangan jelang Ramadan masih stabil dan terkendali. Sembari Menteri Lutfi berharap, dengan jaminan ketersediaan stok, harga bisa berada dalam tren penurunan.

"Kalau ada kenaikan di sana-sini itu sporadis, tetapi kami pastikan bahwa stok ada, stok terjamin, dan kita akan melihat penurunan harga. Baik antara hari ini sampai puasa, dan mudah-mudahan juga akan terjaga selama Idul Fitri," katanya dikutip Galamedia dari laman indonesia.go.id.

Baca Juga: Boruto Episode 191: Pencarian Kawaki yang Kabur, Link Streaming dan Spoiler

Lutfi juga memaparkan, jika merujuk pada data sistem pemantauan pasar kebutuhan pokok (SP2KP), memang terdapat kenaikan harga secara bulanan pada beberapa komoditas.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x