Miris, Ketahanan Pangan di Indonesia di Bawah Zimbabwe, Wakil Ketua MPR: Segera Susun RUU Bank Makanan

- 22 Februari 2021, 15:14 WIB
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid.
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. /Dok. MPR RI

GALAMEDIA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, menilai RUU (Rancangan Undang-Undang) Bank Makanan menjadi hal penting untuk segera disusun dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan Indonesia.

Dalam keterangan tertulis, Hidayat Nur Wahid mengungkapkan bahwa RUU Bank Makanan dapat membantu rakyat yang mengalami kesulitan sosial dan ekonomi akibat pandemi covid-19 dengan meningkatkan solidaritas dan gotong royong sesama rakyat melalui kegiatan bank makanan.

Data Food Sustainability Index 2020 menunjukan ketahanan pangan Indonesia berada di bawah Zimbabwe dan Ethiopia.

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD Targetkan Tim Kajian UU ITE Tuntas 22 Mei 2021

"Data Food Sustainability Index 2020, sebut Indonesia bahkan di bawah Zimbabwe dan Ethiopia. Tentu itu sangat mengkhawatirkan," kata Hidayat Nur Wahid dilansir Galamedia dari Antara pada Senin, 22 Februari 2021 di Jakarta.

Ia berharap agar pemerintah segera mengambil langkah yang serius untuk menangani persoalan tersebut, yakni dengan menghadirkan berbagai usaha dan solusi legal yang memungkinkan para fakir miskin terbantu seperti menyukseskan kegiatan Bank Makanan.

Menurutnya, RUU Bank Makanan bisa menjadi pelengkap dari wacana revisi UU Pangan yang mengatur tata kelola pangan yang lebih baik dan berkelanjutan.

"RUU Bank Makanan ini akan fokus kepada bagaimana menjawab persoalan mengenai food loss and food waste (makanan terbuang) yang merupakan salah satu dari indikator indeks food sustainibility," terangnya.

Baca Juga: Dukung Transaksi Nontunai Melalui QRIS, bjb DigiCash Hadir di Cibadak Culinary Night

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x