Pasukan Militer Filipina Bunuh Seorang Pemimpin Abu Sayyaf dan Selamatkan Warga Negara Indonesia

- 22 Maret 2021, 17:27 WIB
  Operasi Pembebasan Sandera Sukses, Militer Filipina Selamatkan 4 WNI dari Tangan Teroris Abu Sayyaf /Armed Forces of the Philippines
Operasi Pembebasan Sandera Sukses, Militer Filipina Selamatkan 4 WNI dari Tangan Teroris Abu Sayyaf /Armed Forces of the Philippines /

 

GALAMEDIA - Pasukan militer Filipina mengatakan pada Minggu, 21 Maret telah membunuh salah satu pemimpin kelompok Abu Sayyaf dan menyelamatkan empat sandera dari Warga Negara Indonesia (WNI), yang telah ditahan selama lebih dari setahun.

Letnan Jenderal Corleto Vinluan Jr. mengatakan bahwa pelaku teroris yakni Majan Sahidjuan, alias Apo Mike, terluka parah dalam baku tembak dengan marinir pada Sabtu malam di kota Languyan di provinsi Tawi-Tawi selatan, dan kemudian meninggal.

Dia menggambarkan Sahidjuan sebagai dalang dalam beberapa penculikan oleh Abu Sayyaf, yang berbasis di Sulu dan juga terlibat dalam serangan bom dan pembajakan selama beberapa dekade.

Sejak 2014, kelompok tersebut telah menyatakan kesetiaan kepada Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS.

Baca Juga: Pengumuman SNMPTN 2021: Program Studi Teknik Informatika Universitas Padjajaran Jadi Prodi Terketat

“Kami senang bahwa semua sandera aman sekarang dan kami juga dapat melumpuhkan 'Apo Mike' serta dua rekannya yang terkenal kejam,” kata Vinluan, komandan Komando Mindanao Barat militer dikutip Galamedia dari laman Al Jazeera.

Pasukan Filipina berhasil menyelamatkan para sandera setelah perahu Abu Sayyaf terbalik di laut deras antara Sulu dan Tawi-Tawi.

Pelaku teroris Sahidjuan termasuk di antara lima anggota Abu Sayyaf yang pergi ke Tawi-Tawi dengan perahu dari Sulu, bersama empat korban penculikan orang Indonesia pada Kamis 18 Maret lalu.

Baca Juga: Pertandingan Catur Dewa Kipas vs GM Irene Sukandar Pecahkan Rekor Penonton Terbanyak Live Streaming Youtube?

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x