Tak Diperhatikan, Pemkot Bandung Diminta Revitalisasi Stilasi dan Monumen BLA jadi Destionasi Wisata

- 24 Maret 2021, 11:32 WIB
Salah satu dari 10 stilasi atau penanda Peristiwa Bandung Lautan Api  yang hilang di depan kantor Bank Mandiri Jalan Asia Afrika, dulu menjadi Markas Resimen 8 TKR tempat tercetusnya pembakaran Kota Bandung.
Salah satu dari 10 stilasi atau penanda Peristiwa Bandung Lautan Api yang hilang di depan kantor Bank Mandiri Jalan Asia Afrika, dulu menjadi Markas Resimen 8 TKR tempat tercetusnya pembakaran Kota Bandung. /Portal Bandung Timur/heriyanto

 

GALAMEDIA - Meski diperingati setiap tahun, namun stilasi maupun monumen Bandung Lautan Api (BLA) masih kurang diperhatikan. Terlihat banyak monumen atau stilasi sejarah Bandung tersebut, tidak menonjol bahkan tersembunyi.

Melihat kondisi tersebut, Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan meminta Pemkot Bandung untuk melakukan revitalisasi terhadap stilasi dan monumen perjuangan peristiwa Bandung Lautan Api. Mengingat banyak stilasi dan monumen yang menjadi bagian dari sejarah Kota Bandung tersebut, tersebar dengan lokasi yang tersembunyi.

Menurutnya dengan kondisi tersebut, masih banyak warga Kota Bandung yang tidak memahami akan esensi atau makna dari peristiwa Bandung Lautan Api.

"Jadi enggak heran kalau masih banyak warga yang tidak memahami arti dari Bandung Lautan Api. Karena stilasi tanda-tanda perjuangan ini tidak terlihat atau dipajang dengan baik, sehingga semangat melestarikan momentum bersejarah ini tidak tampak di masyarakat," ungkapnya usai Upacara Peringatan Bandung Lautan Api di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Kota Bandung, Rabu 24 Maret 2021.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 24 Maret 2021: Bukti Kuat Mengarah kepada Elsa, Sudah Saatnya Elsa di Penjara?

Dikatakannya sebanyak 10 stilasi terkait peristiwa Bandung Lautan Api tersebar di Kota Bandung, mulai dari Jalan Ir. H. Djuanda hingga Jalan Mohamad Toha. Stilasi tersebut merupakan karya dari maestro seni Kota Bandung, Sunaryo.

Pada badan batu stilasi terdapat plakat bertuliskan peristiwa Bandung Lautan Api, dengan ornamen bunga khas Bandung, Patrakomala di bagian kepala stilasi. Selain itu, beberapa stilasi mengisi tempat di ruang aktifitas warga, di atas trotoar, di Jalan Ir. H. Djuanda dan Asia Afrika.

"Tapi stilasi Bandung Lautan Api ini, malah kalah menonjol dibanding tugu atau monumen lainnya. Ini yang perlu diperhatikan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x