Persib vs Persiraja, Laga Nostalgia di Piala Menpora

- 31 Maret 2021, 20:11 WIB
Logo Persib
Logo Persib /Literasi News/Hasbi NR



GALAMEDIA - Pertemuan Persib vs Persiraja Banda Aceh pada laga pamungkas Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat, 2 April 2021, bak nostalgia dua kawan lama.

Maklum, kedua tim sudah lama tidak pernah bertemu, baik di kompetisi resmi maupun hanya sekedar turnamen.

Sebagai pengingat, pertemuan terakhir Persib dan Persiraja terjadi pada Liga Indonesia (LI) XIII/2007. Bayangkan, itu 14 tahun silam.

Baca Juga: Ambruk Usai Baku Tembak, Jenazah Terduga Teroris Langsung Dibawa ke RS Polri

Pada pertemuan terakhir di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, 27 Desember 2007,  Persib menundukkan Persiraja 4-0.

Zaenal Arif menjadi bintang kemenangan dengan mencetak hattrick pada menit 15, 45, 62. Satu gol lainnya dicetak Redouane Barkaoui melalui titik penalti pada menit 24.

Itulah musim terakhir Persiraja bertarung di kasta tertinggi sepak bola nasional.

Karena memasuki era Liga Super Indonesia (LSI) yang mulai digelar pada musim 2008/2009, Persiraja harus berjuang di Divisi I/Utama.

Baca Juga: Viral di Media Sosial, Terduga Teroris Serang Mabes Polri Gunakan Airsoft Gun

Persiraja baru kembali promosi ke Liga 1 2020. Namun, Persiraja belum sempat bertemu Persib karena kompetisi terpaksa dihentikan akibat panemi Covid-19.

Melihat statitik, dari 10 pertemuan yang terjadi sejak era Liga Indonesia, Persib masih dominan atas Persiraja.

Pangeran Biru mencatat dan kemenangan dan 4 kalah. Empat kekalahan Persib, seluruhnya terjadi di partai away di Banda Aceh dengan skor 0-1.

Baca Juga: Gagal Jadi Ketua Umum Partai Demokrat, Moeldoko Ditawari Jadi Cagub DKI Jakarta: 'You Are Warmly Welcome!'

Dominasi Persib atas Persiraja sebenarnya lanjutan dari Kompetisi Perserikatan. Bahkan, sejak promosi ke Divisi Utama pada tahun 1983, Persib tak pernah kalah dari Persiraja.

Dari 11 pertemuan, Persib mencatat 9 kemenangan dan 2 imbang.

Dari seluruh pertandingan tersebut, tidak banyak yang masih diingat dengan baik, termasuk oleh boboko alias bobotoh kolot sekalipun.

Baca Juga: Bukan AHY, Jimly Asshiddiqie Ungkap Sosok yang Layak Dapat Ucapan Selamat Soal Penolakan KLB Deli Serdang

Kalaupun ada yang selalu dikenang adalah ketika Persib harus mengakui keunggulan Persiraja 1-2 pada pertandingan play-off peringkat 5 dan 6 Kejuaraan Nasional 1975/1978 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, 27 Januari 1978.

Sebab, kekalahan itu menjadikan Persib harus berjuang di Divisi I Kompetisi Perserikatan 1978/1979 yang untuk pertama kalinya memperkenalkan pembagian divisi.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x