Cikurubuk dan PSS Cicalengka Jadi Contoh Program Digitalisasi Pasar

- 15 April 2021, 16:35 WIB
Ilustrasi produk dalam program digitalisasi pasar.
Ilustrasi produk dalam program digitalisasi pasar. /Humas Tokopedia/

GALAMEDIA - Pandemi mendorong masyarakat beradaptasi lewat pemanfaatan teknologi, baik dalam memenuhi kebutuhan harian maupun menciptakan peluang.

Hal ini dibuktikan dari survei LPEM FEB Universitas Indonesia yang menyebutkan, 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133%.

Karena itu, Tokopedia mendukung pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, melalui inisiatif hyperlocal demi mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Selain mengadakan pendampingan intensif untuk UMKM di berbagai kota, Tokopedia juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah demi mewujudkan digitalisasi pasar tradisional.

Baca Juga: Link Streaming Ikatan Cinta 15 April 2021: Duh, Gara-gara Nino Mama Rosa Syok, Al Beberkan Soal Reyna?

Pasar Cikurubuk dan Pasar Sehat Sabilulungan (PSS) Cicalengka merupakan contoh pasar tradisional yang merasakan dampak positif dari digitalisasi pasar melalui Tokopedia di Jawa Barat.

Selama kuartal 1 tahun 2021, Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka berhasil mencatat peningkatan jumlah pesanan hingga lebih dari 2x lipat.

Sementara, Pasar Cikurubuk juga turut mencatat kenaikan jumlah pesanan hingga lebih dari 4x lipat sejak bergabung dengan Tokopedia.

“Pemanfaatan platform teknologi seperti Tokopedia menjadi solusi bagi para pedagang untuk dapat tetap mempertahankan usaha di tengah pandemi sekaligus menggerakkan ekonomi daerah,” kata Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho,

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X