Amien Rais Heran Soal Kriminalisasi HRS, Pengamat: Orang Kritis Membahayakan Penguasa Korup, Itu Masalahnya

- 20 April 2021, 08:12 WIB
Habib Rizieq Shihab dan Refly Harun/Portal Brebes
Habib Rizieq Shihab dan Refly Harun/Portal Brebes /


GALAMEDIA – Pakar Hukum Tata Negara sekaligus pengamat politik, Refly Harun turut menyoroti perihal tanggapan eks Ketua MPR, Amien Rais terhadap persidangan Habib Rizieq Shihab.

Menurutnya, Habib Rizieq Shihab tidak pantas untuk disidangkan karena terkesan hanya membuang energi. Refly Harun menilai bahwa Habib Rizieq merupakan sosok pemimpin yang memiliki pemikiran yang kritis.

“Orang kritis itu tidak membahayakan, yang membahayakan itu koruptor, tapi orang kritis itu membahayakan koruptor atau penguasa yang korup, itu masalahnya,” ujar Refly Harun yang dikutip Galamedia dari kanal Youtube Refly Harun, Selasa 20 April 2021.

Baca Juga: Keren! Sukses Tangani Stunting dan Tangkap Predator Anak, Kapolda Kalteng Dapat 3 Rekor MURI

Oleh sebab itu, Refly Harun menegaskan, apabila kekuasaan itu semakin dilingkari dengan kepentingan akan kekuasaan politik dan ekonomi, maka semakin tidak suka dengan orang-orang kritis.

“Tapi sepanjang atau semakin sebuah kekuasaan itu dilingkari oleh orang-orang baik, ikhlas, dan bermanfaat bagi bangsa dan negara, maka orang kritis akan mendapatkan tempat. Orang kritis sendiri akan menjadi pengingat,” ungkap Refly Harun.

“Jadi seorang Umar bin Khattab misalnya ketika diingatkan “hayo Umar, pedang ini yang akan meluruskan kamu, kalau kamu bengkok”, tapi dia tidak akan marah karena dia memang orang yang ingin lurus dan menegakkan kelurusan tersebut. Dia orang yang benar dan ingin menegakkan kebenaran tersebut,” tambahnya.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 20 April 2021: SERU! Ibu Rendy Lihat Ricky dan Elsa Bersama ke Aparteman

Maka dari itu, Refly menegaskan bahwa gaya kepemimpinan pemimpin-pemimpin di masa kini tidak sebanding dengan gaya kepemimpinan Umar bin Khattab.

Hal tersebut juga dapat dibuktikan dengan kisah Umar bin Khattab yang sedang memanggul karung berisi gandum tanpa diwakilkan oleh pihak manapun.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x