Besok Bakal Terjadi Gerhana Bulan Total, Simak Lokasi dan Waktunya di Sini!

- 25 Mei 2021, 14:51 WIB
Gerhana Bulan Total Akan Segera Terjadi di Indonesia/Aulia Nur Hakiki
Gerhana Bulan Total Akan Segera Terjadi di Indonesia/Aulia Nur Hakiki /



GALAMEDIA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bahwa Indonesia akan mengalami Gerhana Bulan Total (GBT) atau Super Blood Moon pada Rabu besok, 26 Mei 2021.

Perlu diketahui bahwa gerhana bulan total terjadi saat posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar. Hal ini terjadi saat bulan berada di umbra bumi.

Akibatnya, saat puncak gerhana bulan total terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah atau yang sering dikenal dengan istilah Blood Moon.

Bagi Anda yang ingin mengetahui bentuk gerhana bulan yang sebenarnya, maka dapat disaksikan jika kondisi cuaca cerah-berawan dan aman disaksikan oleh masyarakat dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kaca mata khusus gerhana.

Lalu kira-kira pukul berpa gerhana bulan total mucul? Berikut fase-fase, lokasi serta waktu gerhana bulan total selengkapnya:

Lokasi dan waktu Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021

1. Fase (P1)

Awal Gerhana Bulan mulai pukul 15.46.12 WIB, 16.46.12 WITA, 17.46.12 WIT yang melintas memotong Papua bagian tengah, sehingga pengamat di provinsi Papua dapat menyaksikan seluruh proses terjadinya Gerhana Bulan Total ini.

Baca Juga: Sosok Tiana dalam Keajaiban Cinta Diperankan oleh Sitha Marino, Ini Profilnya

2. Fase (U1)

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x