Kenakan Baju Adat Khas Tanah Bumbu Saat Upacara Hari Lahir Pancasila, Baju Adat Favorit Jokowi?

- 1 Juni 2021, 09:21 WIB
Presiden Jokowi memakan baju adat khas Tanah Bumbu. Tangkap layar youtube /sekretariat presiden/
Presiden Jokowi memakan baju adat khas Tanah Bumbu. Tangkap layar youtube /sekretariat presiden/ /

GALAMEDIA - Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila digelar pada hari ini, Selasa 1 Juni 2021. Upacara tersebut dilakukan secara virtual. Upacara Hari Lahir Pancasila dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Upacara tersebut digelar di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, sebagaimana disiarkan langsung oleh akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 1 Juni 2021.

Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara. Jokowi hadir secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor. Dalam Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 Jokowi tampak mengenakan baju adat dari Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: Siklon Tropis Meningkat, Waspadai Hujan Deras Disertai Kilat dan Angin Kencang

Presiden Jokowi tampak gagah dan rapi dengan baju adat khas Kabupaten Tanah Bumbu. Tanah Bumbu sendiri merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan yang beribukota di Batulicin.

Presiden Jokowi sendiri dibalut dengan jas berwarna hitam, ditambah dengan Sarung Tenun khas Pagatan berwarna hijau yang melingkar di pinggang serta sebuah laung berwarna hijau yang nampak serasi dengan jas hitam yang dikenakan orang nomor satu tersebut.

Sementara, Upacara hari lahir Pancasila ini diikuti oleh perwakilan TNI, Polri, tenaga kesehatan, hingga pelajar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, nampak hadir juga juga Wakil Presiden RI, Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, jajaran Menteri, dan masih banyak lagi yang hadir dalam Upacara Hari Lahir Pancasila virtual ini.

Baca Juga: Jakarta Sejak Siang hingga Sore 1 Juni 2021 Diprediksi Dilanda Hujan Petir

Sebelumnya, pakaian adat khas Tanah Bumbu sudah pernah dikenakan oleh Presiden Jokowi. Baju adat tersebut pertama kali dilaksanakan pada saat upacara hari kemerdekaan 17 Mei 2017.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x