Potensi Tsunami Raksasa Setinggi 29 Meter, BMKG: Bukan Jatim Saja!

- 5 Juni 2021, 20:01 WIB
Ilustrasi Tsunami
Ilustrasi Tsunami /Unsplash/Todd Turne


GALAMEDIA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan potensi terjadinya gempa disertai tsunami raksasa setinggi 29 meter di pesisir selatan Jawa Timur (Jatim).

Hal tersebut termuat dalam rilis BMKG soal potensi tsunami di delapan wilayah Jatim.

Namun dengan adanya informasi tersebut, BMKG meminta warga untuk tidak panik lantaran bentuknya merupakan model skenario terburuk.

"Gaduh tsunami Jatim, sebenarnya masyarakat tidak perlu panik karena model skenario terburuk itu dibuat untuk merancang mitigasi," tulis Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Twitternya, @DaryonoBMKG, Jumat, 4 Juni 2021. 

"Kapan terjadinya juga tidak ada yang tahu," lanjut dia.

"Jadi respons mitigasi yang dinanti bukan kepanikan, potensi itu sama untuk semua wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Lombok hingga Sumba, bukan Jatim saja," lanjutnya.

Baca Juga: Tayang Dini Hari Nanti, Berikut Link Streaming Tokyo Revengers Episode 9: Takemichi Berkorban Demi Draken

Daryono kemudian menjelaskan mengenai perilisan informasi tersebut. Peta model tinggi dan landaan tsunami itu dibuat lantaran di berbagai kesempatan seperti sekolah lapang gempa BMKG, banyak muncul pertanyaan terkait potensi tinggi terjadinya tsunami.

Kemudian, jalur evakuasi seperti apa yang tepat dan sesuai saat dilanda tsunami. Selanjutnya, juga ada pertanyaan mengenai landaan dan penentuan titik kumpul evakuasi.

Berbekal pertanyaan tersebut, BMKG akhirnya membuat skenario terburuk dengan peta model tinggi dan landaan tsunami. Nantinya, skenario ini bisa digunakan sebagai acuan dalam upaya mitigasi.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x