Pendidikan Kesadaran Berpolitik Tak Terhalang Covid-19

- 9 Juni 2021, 06:15 WIB
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Poitik (Kesbangpol) Jawa Barat Iip Hidayat tengaj memberikan pengarahan pada para peserta gebyar masyarakat muda berpolitik Jawa Barat di kantor kesbangpol Jabar, jln Supratman Bandung, Selasa 8 Juni 2021.
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Poitik (Kesbangpol) Jawa Barat Iip Hidayat tengaj memberikan pengarahan pada para peserta gebyar masyarakat muda berpolitik Jawa Barat di kantor kesbangpol Jabar, jln Supratman Bandung, Selasa 8 Juni 2021. /Kiki Kurnia/galamedia/



GALAMEDIA -  Pandemi Covid-19 tak menyurutkan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jabar menanamkan kesadaran berpolitik pada generasi milenial.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Kesbangpol Jabar, Iip Hidayat di sela acara Gebyar Masyarakat Muda Berdemokrasi Jawa Barat yang diikuti 60 peserta milenial di Kantor Kesbangpol Jabar, Jalan Supratman Bandung, Selasa 8 Juni 2021.

Awalnya kata Iip, pihaknya merasa tidak berbuat apa-apa dan ada rasa takut dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Jawa Barat.

Baca Juga: Sejumlah Sekolah di Kota Bandung Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Juli Mendatang

"Namun rasa ketakutan dan kekhawatiran itu perlahan sirna dengan kehadiran teknologi. Kami masih bisa melakukan penyadaran berpolitik dan pertemuan jarak jauh dengan menggunakan teknologi," ujar Iip.

Iip mengatakan, sekali pun di masa pandemi Covid-19 kesadaran berpolitik di Jawa Barat naik beberapa digit. Seperti diketahui secara nasional kesadaran berpolitik mengalami penurunan hjnhga 20 persen.

"Kesadaran berpolitik di Jawa Barat terutana dikalangan milenial.naik  beberapa digit dari timgkat nasional," katanya.

Baca Juga: Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 9 Juni 2021: Terancam! Rumah Tangga Nana-Dewa Diteror

Menurut Iip, salah satu kegiatan penyadaran berpolitik di kalangan milenial yakni kegiatan Gebyar Masyarakat Muda Berdemokrasi Jawa Barat.

"Karena di masa pandemi Covud-19, setiap peserta wajib mengikuti tes PCR atau antigen. Selain itu harus tetap mengenakan mengenakan masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak," paparnya.

Protokol kesehatan, kata Iip merupakan hal yang utama dalam kegiatan yang digelar Kesbangpol. Pasalnya, virus Corona ini tidak mengenal orang sudah divaksin atau tidak.

"Untuk itu, sebagai pencegahannya kita harus disiplin menerapkan protokol kesehatan," tandasnya.

Baca Juga: Persija Bakal Umumkan Pelatih Anyarnya, Besok

Sementara salah seorang pembicara dari kalangan muda yang juga penulis Sejarah dan Pemikiran Islam, Muhammad Elhamdi mengatakan, pendidikan politik dan demokrasi di kalangan milenial perlu dilakukan terus menerus termasuk di masa pandemi Covid -19.

"Saya merasa senang saat ini banyak poater para tokoh politik bertebaran sekalipun 2024 masih jauh," katanya.

Menurutnya, ini merupakan pendidikan politik yang berkelanjutan walaupun sedikit vulgar.

"Kita jangan hanya menerima bonus demografi saja, tapi pendidikan dan kesadaran berpolitik tidak dilakukan," katanya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x