Di Masa Pandemi Covid-19, Karyawan Kesbangpol Punya Tanggung Jawab Urus Pakcoy

- 24 November 2020, 14:00 WIB
Kepala Kesbangpol H.Asep Tatang Sujana, tengah menghitung jumlah tanaman sawi pakcoy, di sekitar kantornya, Selasa 23 November 2020.
Kepala Kesbangpol H.Asep Tatang Sujana, tengah menghitung jumlah tanaman sawi pakcoy, di sekitar kantornya, Selasa 23 November 2020. /Ade Hadelli/galamedia

GALAMEDIA - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres di masa pandemi Covid-19. Mulai dengan memelihara tanaman hias, bunga, bonsai, sayuran maupun hewan peliharaan.

Situasi itu tidak terkecuali terjadi di lingkungan perkantoran. Seperti halnya yang dilakukan Karyawan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sumedang untuk menanam dan merawat sawi pakcoy. 

"Saya menginisiasi rekan-rekan (karyawan) untuk menanam sawi pakcoy, dengan media polybag. Dengan maksud di luar tugas rutin, mereka itu memiliki aktivitas tambahan yang bisa mengurangi stres atau kejenuhan di masa pandemi Covid-19," kata Kepala Kesbangpol H.Asep Tatang Sujana, Selasa 23 November 2020.

Baca Juga: KPK Serahkan Empat Aset Senilai Rp56 Miliar Ke Tiga Lembaga Negara

Tujuan lain dari kegiatan menanam pakcoy itu untuk menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab secara personal. Setiap karyawan dibebani untuk merawat 10 polybag sawi pakcoy, yang ditata disekitar kantor. Meski tidak sulit untuk merawatnya, tapi tumbuh bagus dan tidaknya tanaman tersebut mengindikasikan perlakuan pemiliknya.

"Dan itu terbukti, dari 315 polybag sawi pakcoy yang ditanam, pertumbuhan atau perkembangannya bervariatif. Sedangkan hasilnya, sawi pakcoy itu untuk dikonsumsi sendiri dan dibagikan kepada mereka yang butuh," ujarnya.

Disamping itu, lanjut Asep, di masa pandemi Covid-19 seluruh karyawan Kesbangpol memilik tugas, supaya berperan aktif untuk selalu mengingatkan warga di sekitar tempat tinggalnya mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan melaksanakan gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak).

Baca Juga: Inilah Merchant Terbaru ShopeePay Beri Inspirasi Makan Selama WFH

"Mudah-mudahan, apa yang dilakukan ini menjadi bagian ikhtiar kita, dalam menangani pandemi Covid-19," imbuhnya. ***

 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x