Pelintas Jembatan Suramadu Wajib Tes Covid-19 Mulai Hari Ini

- 17 Juni 2021, 11:13 WIB
Penyekatan dan swab test antigen di Jembatan Suramadu
Penyekatan dan swab test antigen di Jembatan Suramadu /Humas Pemkot Surabaya

GALAMEDIA - Pelintas jembatan Suramadu bakal diwajibkan melaksanakan tes Covid-19. Jika hasilnya negatif, baru diizinkan untuk menyebrang menuju Kota Surabaya atau Kabupaten Bangkalan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan Pemkot Surabaya, Pemkab Bangkalan dan Pemprov Jawa Timur sepakat untuk menerapkan penyekatan dari kedua arah.

"Screening di akses Suramadu merupakan bentuk kebersamaan pemerintah daerah di Jawa Timur dalam menekan laju penyebaran Covid-19," katanya.

Baca Juga: Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 17 Juni 2021: Ibu Farah Peralat Dina Jebak Dewa

Untuk itu, lanjut dia, ke depan tes Covid-19 baik itu berupa tes cepat antigen maupun tes usap dititikberatkan di sisi Bangkalan kepada pengendara kendaraan pelat M (Madura) yang akan menuju ke Surabaya melalui Jembatan Suramadu.

Selain itu, Eri menyebut, nantinya screening juga dilakukan di akses Suramadu yang menuju ke arah Bangkalan.

Dengan demikian, pengendara dari Kota SUrabaya wajib menjalani tes Covid-19 untuk menuju ke Bangkalan melalui akses Suramadu.

"Dari Surabaya masuk ke Bangkalan kami juga lakukan tes. Ini yang disampaikan Gubernur Jatim, bagaimana pun kami saling-bahu membahu menjaga antara pemerintah yang ada di Jawa Timur," ujarnya.

Baca Juga: Tokyo Revengers: 4 Geng Terkuat yang Menjadi Lawan Tokyo Manji

"Tapi tugas kami yang utama adalah menjaga Madura, menjaga Bangkalan dari (pengendara) yang mau masuk ke Bangkalan. Itu yang kami lakukan," katanya.

Sedangkan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron sebelumnya mengatakan penyekatan Suramadu sisi Bangkalan yang dimulai Kamis ini bisa terealisasi karena dibantu oleh Pemkot Surabaya, terutama para tenaga kesehatannya.

Sebab, kata dia, ini satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, sehingga harus kerja sama penyekatan dan pemeriksaannya.

"Jadi, warga yang akan ke Surabaya akan di tes Covid-19 semua di Suramadu sisi Bangkalan, dan warga yang akan ke Madura, akan dites di Surabaya," ujarnya.

Baca Juga: Situasi Terkini Kota Bandung, Tempat Wisata Ditutup, Restoran dan Cafe Hanya Boleh Take Away

"Artinya, di sini tidak ada yang namanya diskriminasi, karena semuanya sama," katanya.***

Editor: Brilliant Awal

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x