Soft Launching Persaudaraan Indonesia-Turki, 'Histori, Emosional dan Organisasi'

- 25 Juni 2021, 20:09 WIB
Soft launching Persaudaraan Indonesia-Turki hari Jumat 25 juni 2021 yang berlokasi di jl. Moh. Toha No. 51, Kota Bandung.
Soft launching Persaudaraan Indonesia-Turki hari Jumat 25 juni 2021 yang berlokasi di jl. Moh. Toha No. 51, Kota Bandung. /Dok. Persaudaraan Indonesia-Turki/

GALAMEDIA - Histori, emosional dan organisasi. Tiga hal ini yang melatarbelakangi persaudaraan Indonesia-Turki terbentuk, dengan telah diresmikan melalui acara soft launching Persaudaraan Indonesia-Turki hari Jumat 25 juni 2021 yang berlokasi di Jalan. Moh. Toha No. 51, Kota Bandung.

Karena kondisi masih dalam pandemi covid 19, Acara ini dilakukan melalui zoom yang dihadiri oleh kurang lebih 69 peserta yang terkoneksi langsung dari beberapa wailayah di Indonesia seperti, Banda Aceh, Medan, Babel, Bogor, Banten, Cirebon, Tasikmalaya, Bandung, Jakarta dan Turki.

Acara soft launching Persaudaraan Indonesia-Turki dibuka oleh Riski Juanda sebagai ketua yayasan Persaudaraan Indonesia-Turki dan dihadiri pula oleh ICMI jabar, UMKM Jabar, Tokoh Wanita Jabar( zoom), Bapak DR. Asep ketua LSM Unpas , pak asmawi dari Aceh(zoom) dan bapak Ali Cetin (zoom) sebagai Ketua Country Respensentative Turki.

Dalam sambutannya Riski Juanda menjelaskan, terbentuknya yayasan persaudaraan Indonesia turki ini karena sejarah yang sudah terbangun sejak ratusan tahun lalu antara Turki dan Indonesia seperti halnya, Sultan Turki mengukuhkan raden Patah sebagai Khalifatullah ing Tanah Jawa, perwakilan kekhalifahan Islam (Turki) untuk Tanah Jawa, itu salah satu contoh secara sejarahm dan masih banyak lagi.

Dari sisi emosianal bangsa Turki merasakan sudah cukup lama terjalin dengan kecintaannya terhadap indonesia yang namanya saudara merasakan apabila sakit maka bangsa turki pun merasa sakit. Seperti terjadinya bencana sunami di Aceh, masyarakat Turki banyak memberikan bantuan.

Baca Juga: KPK-BKN Saling Lempar Tanggung Jawab Terkait Hasil TWK, Novel Baswedan Beberkan Bukti Siapa yang Berbohong

Begitu juga hubungan organisasi yang terjalin sudah cukup banyak di lakukan seperti pendidikan, sosial, budaya dan ekonomi yang membawa kebaikan dan nilai positif bagi masyarakat Indonesia dan pemerintah khususnya.

Terbentuknya yayasan Persaudaran Indonesia Turki adalah untuk mewadahi , membangun, bersinergi dan berkontribusi untuk kemajuan masyarakat Indonesai dan Turki, serta memfasilitasi yang mencakup 4 bidang, yaitu Pendidikan, Budaya, Sosial dan Ekonomi.

Yayasan ini merupakan milik bersama yang menjadi tolak ukur dalam bersinergi bagi masyarakat Indonesia maupun masyarakat Turki, yang harapannya dapat membantu dan menjembatani masyarakat Indonesia dan Turki dalam berbagai bidang.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x