TKA China Melenggang Bebas, Presidium KAMI Gatot Nurmantyo: Jangan Hanya Keras pada Warga Sendiri!

- 6 Juli 2021, 09:05 WIB
Presidium KAMI Gatot Nurmantyo.
Presidium KAMI Gatot Nurmantyo. /YouTube Bang Arief

 

GALAMEDIA - Baru-baru ini publik dikejutkan dengan kehadiran puluhan tenaga kerja asing (TKA) China yang melenggang bebas masuk wilayah Indonesia di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Peristiwa tersebut tampaknya mengusik Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo hingga kembali melontarkan kritikan kepada pemerintah.

Mantan Panglima TNI ini menyatakan, PPKM Darurat harus dilakukan sungguh-sungguh.

“Tidak hanya keras dan ketat kepada warga sendiri, tapi longgar dan abai terhadap pelancong dan TKA yang hingga kini tampak sangat longgar dan leluasa masuk-keluar Indonesia,” katanya dalam keterangan persnya dikutip, Selasa, 6 Juli 2021.

Tak hanya itu, lanjut dia, pemerintah harus menjamin ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat miskin terdampak.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 6 Juli 2021: Elsa Tak Bisa Berkelit Lagi, Mama Rosa Datang Bawa Bukti Lain

Dalam kondisi kedaruratan, harus dipastikan semua logistik cukup dan memadai. Sebab, logistik adalah kunci keberhasilan kondisi darurat.

Ia pun menyarankan pemerintah menggalakkan tes Covid-19 mandiri seluasnya untuk mencegah penyebaran wabah, khususnya bagi orang tanpa gejala maupun gejala ringan.

Pemerintah juga harus menjamin ketersediaan logistik obat dan vitamin yang mengalami kenaikan harga secara tidak wajar selama PPKM Darurat.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x