Yana Optimis, Dua Bulan Kedepan Kekebalan Kelompok Kota Bandung Terbentuk

- 8 Juli 2021, 08:40 WIB
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. /Hj Ati Suprihatin/

GALAMEDIA - Keberadaan 1.000 vaksinator Covid-19 di Kota Bandung bisa mempercepat pencapaian target kekebalan kelompok (herd immunity).

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana optimis, melalui vaksinasi dalam dua bulan kedepan kekebalan kelompok Kota Bandung akan terbentuk.

Yana mengatakan, 1.000 vaksinator yang dimiliki Kota Bandung, dapat memvaksin sebanyak 50.000 orang per hari.

"Dari total 1.000 orang vaksinator, jika diperhitungkan satu orang vaksinator dapat menyuntik vaksin sebanyak 50 orang per hari, maka setidaknya kita bisa memberikan vaksin sebanyak 50 ribu per hari," jelasnya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pasar Sae Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Rabu 7 Juli 2021.

Baca Juga: Donald Trump Ajukan Gugatan Terhadap Twitter, Facebook, dan Youtube

Apabila vaksin sudah tersedia, lanjutnya. maka tidak menutup kemungkinan dalam jangka waktu 2 bulan target 70 persen bisa tercapai di Kota Bandung.

"Asalkan vaksinnya tersedia, untuk vaksin dosis 1 kita hanya membutuhkan waktu 24 hari dan 30 hari untuk dosis tahap kedua," tuturnya.

Yana berharap, apabila 70 persen penduduk Kota Bandung sudah divaksin, maka bisa membentuk kekebalan tubuh, sehingga bisa melindungi orang yang tidak bisa divaksin. Dari 2,5 juta jiwa penduduk Kota Bandung, ditargetkan sekitar 1,8 juta warga harus mendapatkan vaksinasi.

Saat ini sekitar 540 ribu atau 29.8% warga Kota Bandung telah melakukan vaksinasi dosis tahap satu. Sedangkan untuk dosis tahap kedua sekitar 300 ribu orang. Tersisa sekitar 1,2 juta untuk dosis pertama dan 1,5 juta untuk dosis kedua yang belum mendapatkan vaksin.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x