Jangan Ketinggalan! 16 Juli 2021 Matahari Tepat di Atas Ka'bah, Saatnya Umat Islam Luruskan Arah Kiblat

- 15 Juli 2021, 19:56 WIB
Foto ilustrasi sholat.
Foto ilustrasi sholat. //Pexels/Gabby K/

GALAMEDIA - Pada Jumat tanggal 16 Juli 2021 atau 6 Dzulhijjah 1442 H akan terjadi fenomena posisi matahari tepat berada di atas Ka’bah, Makkah.

Peristiwa posisi matahari berada di atas Ka'bah disebut sebagai Rashdul Qiblat atau dalam istilah ilmu falak, saat Matahari tepat berkedudukan di titik zenith kiblat.

Kiblat yang dimaksud adalah sebuah area dengan luasan tertentu dimana Ka’bah menjadi pusatnya.

Sementara, peristiwa Rashdul Qiblat akan terjadi berdasarkan perhitungan yang tercantum dalam Almanak Hijriyyah Nahdlatul Ulama 1442-1443 H (2021) yang diterbitkan Lembaga Falakiyah PBNU.

“Rashdul Qiblat kali ini akan terjadi pada Jumat Pon 6 Dzulhijjah 1442 H / 16 Juli 2021 pada pukul 12:26:45 waktu Saudi Arabia, atau bertepatan dengan pukul 16:26:45 WIB di Indonesia,” kata Wakil Sekretaris LF PBNU Ma’rufin Sudibyo dikutip Galamedia dari laman NU.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Heboh Lagi di Media Sosial: Semangati Masyarakat yang Sedang 'Mode Panik'

Di Indonesia, jelasnya, Rashdul Qiblat dapat diamati di sebagian besar wilayah kecuali di propinsi Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. Hal ini karena di tempat-tempat tersebut Matahari telah terbenam sebelum Rashdul Qiblat terjadi.

Sementara pada propinsi-propinsi di pulau Sulawesi dan kepulauan Nusa Tenggara, kedudukan Matahari sudah cukup rendah sehingga terbuka peluang Matahari sudah tak terlihat atau tersembunyi di balik awan-awan di ufuk barat, meskipun diperhitungkan masih mengalami Rashdul Qiblat.

Fenomena alam matahari berada di atas Ka'bah sendiri menjadi kesempatan penting bagi umat Islam untuk meluruskan kembali arah kiblat dengan cara yang mudah.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah